Berita

Ribuan Personel Disiagakan di Kota Bandung Selama Perayaan Idulfitri

×

Ribuan Personel Disiagakan di Kota Bandung Selama Perayaan Idulfitri

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiagakan 706 personel, agar Kota Bandung tetap aman dan kondusif. Para personel akan bersiaga pada 3-18 April 2024 ini.

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengaku, personel yang siaga mulai dari Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga Dinas Kesehatan.

“Saya yakin betul, bahwa Kota Bandung ini bisa diselenggarakan jauh lebih baik, dengan sinergi dan kolaborasi. Kita harap momen Hari Raya Idulfitri ini berjalan lancar,” kata Bambang kepada wartawan, di Bandung, Selasa (2/4/2024).

Untuk titik rawan kemacetan, Dinas Perhubungan telah mengidentifikasi sekitar 38 titik. Beberapa diantaranya yaitu, Jalan Ir H. Djuanda, Simpang Lima Asia Afrika, hingga Bundaran Cibiru.

“Salah satunya, akibat aktivitas di Pasar Tumpah. Kami pastikan H-2 dan H+2 tidak ada aktivitas Pasar Tumpah,” janji dia.

Di samping itu, soal sampah ia mengimbau kepada masyarakat, untuk meminimalisir pembuangan sampah. Pasalnya, TPA Sarimukti tutup selama Idulfitri.

“Hari lebaran itu, TPA Sarimukti ditutup. H-1 kami akan lakukan pembatasan. Saya perintahkan camat dan lurah, agar semua lapangan yang menjadi lokasi salat, sampahnya dibersihkan. Ini untuk meminimalisir potensi sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono mengaku, pihaknya juga akan menggelar operasi Ketupat Lodaya selama 14 hari pada 4-16 April 2024.

“Personel yang diterjunkan 1.218 orang. Dari Polrestabes sebanyak 826 personel, Polda Jabar sebanyak 110 personel, TNI sebanyak 180 personel dan instansi sebanyak 102 personel,” tuturnya.

Polrestabes Bandung juga mendirikan 32 pos, terdiri dari 1 posko utama, 1 posko terpadu, 6 pos pelayanan dan 24 pos pengamanan.

“Khusus Kota Bandung, kita fokus rawan kemacetan, rawan laka dan tempat pengamanan wisata. Untuk rawan macet ini, jalur wisata menuju Lembang, jalur Dr Djunjunan, Jalan Pasirkaliki, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Asia Afrika dan Bundaran Cibiru dan Ir. H Djuanda,” tuturnya.

“Jalur wisata itu seperti Kebun Binatang, Taman Lalu Lintas, Trans Studio, Kiara Artha Park, Al Jabbar, dan seluruh mall di Kota Bandung,” tandas dia.