Berita

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2024: Bersama Hadapi Tantangan Arus Mudik

×

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2024: Bersama Hadapi Tantangan Arus Mudik

Sebarkan artikel ini
Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes, Memimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2024 di Alaman Bolak Padang Nadimpu pada Rabu (04/04/2024), Foto Yudistira/TN

TEROPONGNEWS.COM, PSP – Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes, Memimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2024 di Alaman Bolak Padang Nadimpu pada Rabu (04/04/2024).

1727
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang dibacakan oleh Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes, dinyatakan bahwa jumlah pemudik tahun 2024 mencapai 193,6 juta jiwa atau mengalami kenaikan sebesar 56,4%.

Untuk mengatasi tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 hingga 16 April 2024. Operasi ini telah dimulai dengan KRYD tanggal 28 Maret hingga 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 hingga 23 April 2024.

“Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan terutama pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian,” kata Pj. Wali Kota saat membacakan amanat Kapolri.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, MH, meminta kepada pihak-pihak terkait untuk menjalankan tugas dan fungsinya saat Idul Fitri dan arus mudik nanti guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam upaya pencegahan kebakaran, Kapolres Padangsidimpuan juga meminta dinas terkait untuk melakukan sosialisasi agar alat-alat kelistrikan aman selama rumah ditinggal karena menurut data forensik kepolisian, kebakaran sering disebabkan oleh arus pendek.

“Pada saat mudik nanti, banyak rumah yang ditinggal kosong, sehingga potensi kebakaran menjadi lebih besar. Ini adalah tanggung jawab bersama, baik dari rekan TNI, Polisi, maupun Brimob,” ungkapnya