Berita

Pekan Depan, Pemkot Bandung Mulai Terapkan Friday Car Free, Ini Lokasinya

×

Pekan Depan, Pemkot Bandung Mulai Terapkan Friday Car Free, Ini Lokasinya

Sebarkan artikel ini
Hotel Grandia, Kota Bandung. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan hari bebas kendaraan setiap Jumat atau Friday Car Free, di lingkungan Balai Kota Bandung.

Rencananya, program ini diterapkan mulai Jumat, 10 Mei 2024 pekan depan, dan berlaku untuk seluruh pegawai maupun pimpinan yang berkantor di Balai Kota Bandung.

“Pelaksanaan Friday Car Free ini kita akan mulai di lingkungan Balai Kota Bandung dulu. Minggu depan kita mulai,” ujar PJ Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, saat memimpin Rapat Pimpinan, di Hotel Grandia, Bandung, Senin (29/4/2024).

Bambang menjelaskan, pelaksanaan Friday Car Free ini sebagai salah satu upaya, untuk mendorong para pegawai di lingkungan Balai Kota Bandung menggunakan angkutan umum.

Pasalnya, trend saat ini pegawai Balai Kota Bandung lebih banyak menggunakan angkutan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun empat.

“Nanti para pegawai memakai angkutan umum, ada yang pakai sepeda ada juga yang jalan kaki ke kantor. Pegawai dapat menggunakan transportasi yang disediakan,” kata dia.

Rencananya, apabila penerapan Friday Car Free di Balai Kota Bandung lancar, maka akan diberlakukan lagi di dua lokasi lain, yakni Kawasan Perkantoran Jalan Cianjur, dan Sekretariat DPRD Kota Bandung.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan, Dinas Perhubungan telah menyiapkan dua bus angkutan dengan penumpang kurang lebih 60 orang.

“Saat ini kita sedang siapkan lokasi untuk ‘pick up pool’-nya,” kata Asep.

Dishub juga bersama Satpol PP Kota Bandung, kata Asep, akan menurunkan petugas untuk berpatroli di sekitar Balai Kota Bandung.

“Dishub bersama Satpol akan berkeliling balai kota, untuk mengantisipasi ada pegawai nakal yang membawa kendaraan pribadi,” pungkas Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *