Berita

Optimis Rebut Rekomendasi PAN, Gusti Sagrim Saat Mendaftar Tawarkan Program Perubahan di Kota Sorong

×

Optimis Rebut Rekomendasi PAN, Gusti Sagrim Saat Mendaftar Tawarkan Program Perubahan di Kota Sorong

Sebarkan artikel ini
Bakal Calon Wali Kota Sorong, Auguste CR Sagrim saat mendaftarkan diri ke Partai PAN Kota Sorong, Minggu (21/4/2024), Foto Hizkia/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Bertempat di Sekretariat DPD PAN Kota Sorong, Jln Sorong Makbon Kompleks Ruko Alima Jaya Residence Kelurahan Giwu Distrik Klaurung Kota Sorong. Auguste CR Sagrim bersama ratusan pendukungnya datang guna mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Wali Kota Sorong pada Pilkada 2024 mendatang, Minggu (21/4/2024).

Kedatangan Auguste Sagrim bersama ratusan simpatisan yang terdiri dari Keluarga, Pemuda Melati Raya dan Komunitas Kasih Keras Bersama Otomotif Sorong (KK BOS) diterima Ketua DPD PAN Kota Sorong Muhammad Rofik dan pengurusnya.

Usai melakukan proses pendaftaran bakal calon Wali Kota Sorong ke Partai PAN, Auguste Sagrim mengatakan keinginannya untuk menjadi calon Wali Kota Sorong karena ingin membawa perubahan bagi Kota yang menjadi pintu masuk tanah Papua ini.

“Kita bicara perubahan karena di Kota Sorong banyak masalah, kalau tidak ada masalah di kota ini kita hanya fokus ke peningkatan pembangunan,” ujar Gusti Sagrim.

Bakal calon Wali Kota Sorong Auguste CR Sagrim berpose foto bersama Ketua dan Pengurus DPD PAN Kota Sorong.

Selain masalah banjir, kata Gusti masalah pendidikan yang setiap tahun mahal, ada begal yang muncul dimana-mana, ada masalah sampah, ada juga tindakan pemerkosaan yang meningkat belakangan ini bahkan nyaris membunuh orang, artinya orang yang hidup di kota Sorong tidak lagi merasa nyaman, untuk itu Kota Sorong membutuhkan sosok pemimpin yang cerdas.

Masyarakat Kota Sorong menginginkan kehidupan yang nyaman dan aman. Menurut Gusti hadirnya Pemerintah guna memberikan jaminan keamanan kepada warganya sebab hal tersebut merupakan tugas Pemerintah.

“Siapa yang memberikan rasa nyaman bagi Kota Sorong, Pemerintah yang harus memberikan rasa nyaman sebab itu tugas pemerintah, negara hadir. Pemerintah hadir karena Masyarakat, maka pemerintah wajib melindungi masyarakat, cara melindungi adalah memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat,” ucap Anggota DPRD Kota Sorong dua periode itu.

Politisi muda Papua ini mengatakan sepuluh tahun menjadi DPRD Kota Sorong sehingga sudah mengantongi akar permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Bagi Gusti Masyarakat Kota Sorong menginginkan rasa aman sehingga aktivitas investasi dan bisnis terus berputar.

“Kami sudah menginterfentari
permasalahan di Kota Sorong, kami dua periode di DPRD Kota Sorong sehingga kami sudah tau bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini, yang kita inginkan semua orang yang tinggal di Kota Sorong tinggal rasa aman, nyaman dan berinvestasi dan berbisnis dengan rasa aman,” lanjutnya.

Sorong pintu gerbang masuk tanah Papua, semua hal baik dan tidak baik masuk melalui sorong, begitupun manusianya, kalau lewat laut pasti masuk di kota Sorong. Mereka yang datang ke sini dengan berbagai motivasi, ada yang datang merantau, ada yang datang cari kerja, ada yang datang ikut keluarga, semua ini harus diseleksi secara baik.

Jika kedatangan orang dari luar Sorong tidak didata dengan baik maka tidak menutup kemungkinan ada motivasi yang dibawah dari daerah asal masing-masing yang akan berpengaruh pada lingkungan dan menimbulkan gejolak lainnya

Politisi muda Partai Nasdem ini optimis mendapatkan Rekomendasi Partai PAN untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota Sorong periode 2024 – 2029.

“Sangat optimis untuk mendapatkan rekomendasi Partai PAN, Jika terbuka ruang debat untuk menyampaikan visi dan misi kami siap untuk menyampaikan itu demi menyakinkan Partai agar mendapatkan Rekomendasi,” beber Gusti.

Saat ditanya kriteria Wakil Wali Kota yang diinginkan, Gusti Sagrim berujar dirinya membutuhkan sosok yang cerdas dan mampu menutupi segara kekurangan dirinya.

“Saya kira untuk Wakil, kita hilangkan image ban serep, misalnya saya tidak pahan soal ekonomi dan keuangan, saya harap Wakil saya bisa menguasai bidang itu karena Kota Sorong, Kota jasa sehingga cari orang yang bisa menguasai bidang itu,” ungkapnya.

Ketua DPD PAN Kota Sorong Muhammad Rofik saat menerima bakal calon Wali Kota Sorong Auguste Sagrim dan simpatisan di Sekretariat PAN.

Sementara itu, Muhammad Rofik Ketua DPD PAN Kota Sorong mengatakan pihaknya tentu memberikan dukungan kepada Calon yang dipastikan memenangkan Pilkada Wali Kota Sorong. Ia menyebut sosok Gusti Sagrim merupakan Kader Politik Muda asal Papua yang perlu didukung.

“Kita pasti dukungan orang yang menang, kita juga melakukan survey bakal calon yang mendaftarkan diri ke Partai PAN, Pak Gusti Sagrim merupakan Kader Politik Muda Anak Papua yang perlu didukung,” kata Muhammad Rofik.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Partai Nasdem Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Demanto Silalahi mendukung kader muda potensial Auguste CR Sagrim sebagai calon Walikota Sorong. Kehadiran politisi muda ini dianggap sebagai orang yang tepat untuk mengambil alih pucuk pimpinan Pemerintah Kota Sorong.

“Saya pikir Pak Auguste Sagrim adalah orang yang cerdas, mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi calon Wali Kota Sorong, saya kira Gusti Sagrim sangat memahami betul permasalahan di Kota Sorong mulai dari permasalahan ekonomi, sosial hingga kriminalitas,” ujar Demanto Silalahi.