Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Jelang Idul Fitri, Bambang Pastikan Stok Pangan di Bandung Aman

×

Jelang Idul Fitri, Bambang Pastikan Stok Pangan di Bandung Aman

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, saat meninjau keamanan dan harga pangan, di Pasar Sederhana, Rabu (3/4/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan ketersediaan stok pangan jelang Idul Fitri 1445 Hijriah dalam posisi tercukupi alias aman.

Demikian disampaikan Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, saat meninjau keamanan dan harga pangan, di Pasar Sederhana, Rabu (3/4/2024).

Example 300x600

Selain ketersediaannya yang mencukupi, Pemkot Bandung juga berkomitmen menjaga trend harga komoditas pangan agar tak melonjak naik.

“Dari sisi ketersediaan ini aman. Jadi kami harap masyarakat tidak perlu panik,” pinta Bambang.

Terkait kenaikan harga yang biasa terjadi jelang Idul Fitri, Bambang memastikan, jika Pemkot Bandung akan menjaga hal tersebut. Ia juga meminta kepada para pedagang di pasar, agar tidak menaikkan harga komoditas pangan secara signifikan.

Bambang juga memastikan, Pemkot Bandung akan segera mengambil langkah jika terjadi kenaikan signifikan dari komoditas pangan.

“Potensi kenaikan ada. Tapi, kami akan lakukan upaya mitigasi. Kami pastikan setiap saat akan mengontrol, baik dari aspek ketersediaan dan kenaikan harganya,” tegas Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar memastikan, bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung akan menjaga aspek keamanan pangan dan kenaikan harga pangan, khususnya jelang Idul Fitri tahun 2024.

Ia menyebutkan, update harga sejumlah komoditas pangan jelang Idul Fitri per hari ini antara lain:

  • Cabai Tanjung Rp 70.000 per kilogram.
  • Daging Ayam Rp 39.000 per kilogram.
  • Daging Sapi Rp 140.000 per kilogram.
  • Telur Ayam Rp 29.000 per kilogram.

“Ada kenaikan harga, tetapi tidak signifikan. Hal yang kami harus jaga, yakni kenaikan harga itu jangan terlalu jauh dari harga HET. Harga batas tertingginya,” ujar Gin Gin.

Selain itu ia juga berpesan, agar semua pihak menjaga trend harga komoditas pangan, jelang Idul Fitri agar tetap stabil.

“Kita imbau para pedagang, agar tidak memanfaatkan suasana ini untuk menaikkan harga terlalu tinggi. Jangan digunakan sebagai kesempatan,” pesan Gin Gin.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *