BeritaPemerintahan

Edison Siagian Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati Sorong, Musa’ad Sampaikan 3 Hal Mendesak

×

Edison Siagian Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati Sorong, Musa’ad Sampaikan 3 Hal Mendesak

Sebarkan artikel ini
Pengambilan sumpah jabatan Edison Siagian sebagai Pj. Bupati Sorong. (Foto: Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad melantik Ir. Edison Siagian, M.E sebagai Pj. Bupati Sorong, Kamis (4/4/2024), di Aimas Convention Centre (ACC) Kabupaten Sorong.

Sebelumnya, Edison Siagian yang menjabat sebagai Pj. Sekda Papua Barat Daya menggantikan pelaksana harian (Plh) Clif Japasenang.

Pantauan media ini, pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) .

Pj. Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan ini melewati proses yang cukup panjang, hingga akhirnya mendapatkan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara Edison Siagian mampu dan cakap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai PJ Bupati Sorong, ” Ujar Musa’ad.

5396
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Oleh karena itu, Musa’ad meminta kepada semua unsur yang ada di Kabupaten Sorong untuk bekerja sama, bersinergi, dan kolaborasi membantu Edison Siagian di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai PJ Bupati Sorong.

Pada kesempatan tersebut, Musa’ad menekankan tiga hal penting yang mendesak kepada Edison Siagian. Yang pertama yakni sesudah pelantikan agar segera melakukan konsolidasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong dengan berbagai unsur lainnya, baik internal maupun eksternal, dan kementerian lembaga yang ada di kabupaten Sorong, serta semua unsur.

Yang kedua, melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama dengan pihak DPR Kabupaten Sorong untuk segera menyelesaikan APBD Kabupaten Sorong

“Karena ini sudah bulan April, kemarin memang ada hambatan-hambatan yang kita hadapi tapi saya yakin dengan adanya Pj Bupati Sorong, insya Allah bisa mempercepat proses-proses regulasi untuk penetapan APBD Kabupaten Sorong,” Ucapnya.

Kemudian yang ketiga, sambung Musa’ad, mempersiapkan pemilukada sebelum pemilihan anggota DPRK dan DPRP yang mewakili orang asli Papua.

“Tiga hal ini yang mendesak dan harus segera dilakukan. Kalau bisa konsultasi internal, sehingga bisa membantu tugas-tugas bapak ibu, bapak Pj. Bupati sebagaimana yang telah diatur di dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, ” Jelas Musa’ad.

Musa’ad juga menyampaikan pesan dari Mendagri agar meminta kepada semua pihak di Kabupaten Sorong untuk menyambut kehadiran Edison Siagian dengan sukacita.

“Berbekal dengan pengalaman dari pusat maupun juga di provinsi, bapak Edison Siagian diharapkan dapat memberikan sesuatu yang berarti selama bertugas di sini, sampai adanya Bupati dan wakil bupati yang definitif melalui Pemilukada pada bulan November nanti, ” pungkasnya.