Berita

Puluhan Personil Gabungan Polres Raja Ampat di Siagakan Amankan Aksi Demo di Kantor Bawaslu

×

Puluhan Personil Gabungan Polres Raja Ampat di Siagakan Amankan Aksi Demo di Kantor Bawaslu

Sebarkan artikel ini
Personil gabungan Polres Raja Ampat saat memasang pagar betis di depan Kantor Bawaslu Raja Ampat, Selasa (5/3/2024), Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Ratusan personil gabungan Polres Raja Ampat disiagakan untuk mengamankan aksi demo yang dilakukan oleh masa yang tidak menerima hasil pemilu 2024 di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (5/3/2024).

1233
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Puluhan warga masyarakat yang di pimpin Ifan Tafalas mendatangi Sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKUMDU) dan Bawaslu Raja Ampat untuk menyampaikan orasinya sekitar 13:40. Puluhan Personil Polres Raja Ampat disiagakan untuk antisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran, S.I.K,. M.I.K menyampaikan bahwa ada aksi demo yang dilakukan oleh warga masyarakat dan peserta pemilu yang tidak puas dengan pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu 2024 di halaman Bawaslu Raja Ampat.

“Yah hari ini ada Giat demo di kantor Bawaslu dan Gakumdu oleh masa yang tidak terima hasil pemilihan umum di beberapa distrik antara lain Misool dan Kofiau,” ujar AKBP Edwin Parsaoran.

Masih kata Kapolres, kedatangan masa yang jumlahnya 90 hingga 100 orang itu karena sejumlah pelanggaran Pemilu 2024 terkesan tidak ditanggapi oleh Bawaslu.

“Mereka menuding penanganan pelanggaran yang terkesan tidak di tanggapi oleh Banwaslu dan gakumdu sehingga masa melakukan demontrasi dari pukul 13.40 sampai saat ini masaa masih bertahan di Banwaslu yang di oratori oleh Ifan tafalas dan masa sekitar 90 sampai 100 orang,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kata Kapolres Raja Ampat, Personil telah kami siagakan untuk mengamankan aksi demo damai dengan mengedepankan sikap humanis dan tidak ada personil yang terpancing sehingga melakukan tindakan arogan kepada massa pendemo karena bagaimana pun itu warga masyarakat yang melakukan demo.

“Polres Raja Ampat menerjunkan pasukan lapis dua, satu pleton pasukan pengamanan gabungan staf, Satu pleton pasukan dalmas inti,” lanjutnya.

Pucuk pimpinan Polres Raja Ampat itu berharap penyampaian aspirasi dilakukan dengan aman sehingga tidak mengganggu proses rekapitulasi hasil suara pemilu 2024. Ia juga berharap masa tidak menggangu Kamtibmas dan hal-hal lain yang merugikan diri sendiri.

“Kami berharap penyampaian aspirasi dilakukan dengan aman dan damai sehingga tidak terganggu pelaksanaan rekaputulasi dan gangguan Kamtibmas serta hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun masyarakat lainnya,” harap Kapolres Raja Ampat.

Turut hadir mendampingi Kapolres Raja Ampat, Kabag Ops AKP Muhadi, SH, selaku Karendal Ops, PJU Polres antara lain Kasat Ops, Kompol Rusli, Kaposko Ops AKP Reynold Resilolo, S.Sos, Kapus Data Ops AKP Zeth Biang Matasik SH, Kabag SDM AKP Tatak Heru Latif, SH., MH, Kawas Ops Ipda Rudolf Angwarmas, SH, Kasat Intelkam Iptu susilo SH, Kasi Humas Ipda Maryadi SH, Anggota Gakumdu Ipda Suryadi SH