Berita

PKL dan Parkiran Liar di Pasar Kordon Akan Ditertibkan

×

PKL dan Parkiran Liar di Pasar Kordon Akan Ditertibkan

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, saat meninjau Pasar Kordon, Jalan Terusan Buahbatu, Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jumat (1/3/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera menata parkir liar dan pedagang, yang berjualan pada trotoar, di kawasan Pasar Kordon untuk menghadirkan kenyamanan dan ketertiban di kawasan tersebut.

Selama ini, keberadaan parkir liar di badan dan bahu jalan serta Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di trotoar, mengakibatkan tersendatnya lalu lintas.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, badan dan bahu jalan tidak boleh dijadikan lahan parkir. Untuk itu, ia menyebutkan, jika parkir kendaraan akan didorong dan dipindahkan ke lahan eks puskesmas di dekat Pasar Kordon.

“Di sini kemacetan luar biasa, parkir pengunjung dan pedagang kita alihkan ke dalam. Kita sepakat mulai Sabtu, 2 Maret 2024, parkir dialihkan ke lahan pemerintah eks Puskesmas,” kata Ema saat meninjau Pasar Kordon, Jumat (1/3/2024).

Untuk itu Ia meminta Camat dan jajaran kewilayahan, untuk melakukan sosialisasi terkait pemindahan lokasi parkir tersebut kepada masyarakat.

5182
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Camat lakukan sosialisasi. Semua orang yang biasa parkir kita pindahkan. Motor nanti masuk ke eks Puskesmas. Kita koordinasikan dengan Perumda Pasar,” ujarnya.

Selain itu, para pedagang yang berjualan di trotoar pun akan direlokasi ke dalam area pasar, sehingga tidak mengganggu fungsi trotoar bagi pejalan kaki.

Apalagi, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) akan melakukan perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Terusan Buahbatu.

“Tidak ada lagi pedagang yang berjualan di trotoar, karena trotoar juga akan diperbaiki,” katanya.

Terkait dengan kelancaran lalu lintas, Ema juga meminta Dishub Kota Bandung, untuk menempatkan petugas dan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Dishub ploting petugas dibantu kewilayahan serta kepolisian, untuk mengatur lalu lintasnya agar menjadi lancar,” tandas Ema Sumarna.