Berita

Pemkot Bandung Berkomitmen Jaga Pohon Pule di Jalan Sudirman, Ini Tujuannya

×

Pemkot Bandung Berkomitmen Jaga Pohon Pule di Jalan Sudirman, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, saat meninjau kawasan Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jumat (1/3/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkomitmen menjaga pohon pule yang telah ditanam di kawasan Jalan Sudirman, sebagai upaya penghijauan dan menambah nilai estetika kota.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebutkan, kehadiran pohon pule di kawasan Jalan Sudirman merupakan upaya menghijaukan kembali kawasan ini. Sekitar 80 persen pohon pule yang ditanam, tumbuh dalam keadaan yang baik.

“Selain sebagai penyumbang oksigen, konon tanaman ini daunnya tidak mudah gugur,” katanya, saat meninjau kawasan Jalan Sudirman, Jumat (1/3/2024).

“Sehingga bisa dibayangkan, betapa luar biasanya nanti kalau pohon-pohon ini sudah tumbuh besar dan tegak lurus. Ini akan menambah oksigen di kawasan Jalan Sudirman,” sambungnya.

Ema mengakui, ada sekitar 20 persen pohon pule yang perlu dilakukan penggantian. Oleh karenanya, ia meminta OPD terkait memastikan pohon ini tumbuh tegak.

5203
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain itu, Ema juga meminta OPD dan jajaran kewilayahan untuk merawatnya, agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan optimal.

“Ada 20 persen yang perlu kita ganti. Itu saya minta untuk tambal sulam digantikan dan dipelihara dengan penyiraman yang rutin. Ini memang perlu dipasang lagi ajir (penyangga) agar tumbuhnya tegak lurus. Saya minta supaya diperbaiki lagi ajir-ajirnya,” tutur Ema.

Ema pun menginstruksikan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung, untuk menghijaukan median-median jalan.

“Median jalan di sekitar Jalan Jamika saya minta dihijaukan oleh DPKP. Termasuk di jalan terusan buah batu, median jalannya harus kita hijaukan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pohon pule ditanam pada kegiatan OTW Bandung Teduh pada Agustus silam. Ada 100 pohon pule yang ditanam di kawasan Jalan Sudirman (antara Perempatan Jalan Gardu Jati hingga Jalan Jamika).