Berita

Pemkot Bandung Bakal Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Kordon, Ada Apa?

×

Pemkot Bandung Bakal Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Kordon, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, saat meninjau Pasar Kordon, Jalan Terusan Buahbatu, Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jumat (1/3/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Untuk mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi di kawasan Pasar Kordon, Jalan Terusan Buahbatu, Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menerapkan rekayasa lalu lintas mulai Sabtu (2/3/2024).

1240
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Setelah melihat lokasi, kita sepakat akan melakukan ujicoba pengaturan jam operasional lalu lintas di kawasan Pasar Kordon,” kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, saat meninjau Pasar Kordon, Jumat (1/3/2024).

Secara teknis nantinya, ujicoba pengaturan jam operasional satu arah di kawasan tersebut akan dilakukan dalam dua waktu, yakni pagi pukul 06.00-08.00 WIB, dan sore pada pukul 16.00-18.00 WIB.

Pada jam operasional tersebut, pengendara dari arah utara Jalan Terusan Buahbatu menuju arah ke Jalan Ciwastra akan diberlakukan satu jalur.

Sedangkan, pengendara dari arah Ciwastra yang akan menuju Jalan Terusan Buahbatu akan diarahkan ke Jalan Logam, selanjutnya ke Jalan Ciparay hingga keluar di Jalan Terusan Buahbatu.

“Orang dari timur Ciwastra yang mau ke Jalan Terusan Buahbatu dibelokan ke Jalan Logam keluar di Jalan Ciparay. Sementara orang yang mau ke Jalan Terusan Buahbatu, kita arahkan Jalan Logam arahkan ke Jalan Terusan Buahbatu. Artinya sekitar pukul 06.00-08.00 WIB itu sudah satu arah. Itupun berlaku untuk pukul 16.00-18.00 WIB,” ujarnya.

Menurut Ema, pengaturan rekayasa lalu lintas tersebut akan terus dievaluasi. Nantinya apabila dirasakan berdampak, dan berhasil mengurai kemacetan, maka pola tersebut akan dipermanenkan.

“Kita ujicobakan. Kalau itu dirasakan lebih baik kita permanenkan. Nanti kita juga akan izin ke Pak Kapolrestabes,” ungkapnya.

Selain itu, untuk membantu kelancaran lalu lintas, ia meminta Dishub Kota Bandung, untuk menempatkan petugas dibantu dengan pihak kepolisian dan aparat kewilayahan.

“Semoga upaya ini dapat efektif mengurai kemacetan di wilayah Pasar Kordon,” harap Ema Sumarna.