BeritaPEMILU 2024

Keberatan Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 5 Hartono Terbukti, KPU Kota Sorong Lakukan Perbaikan

×

Keberatan Calon Anggota DPD RI Nomor Urut 5 Hartono Terbukti, KPU Kota Sorong Lakukan Perbaikan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – KPU Papua Barat Daya dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara telah melakukan pencocokan data dari tengah malam sampai dengan pukul 04.00 wit dini hari dengan membuka C1 plano dari 82 TPS di Distrik Sorong Barat.

Setelah dilakukan pencocokan data diperoleh hasil Calon Anggota DPD RI nomor urut 8 Sanusi Rahaningmas untuk distrik Sorong Barat dari rekapan data C1 Plano hanya meraup 2.633 suara.

Sementara D hasil rekapan PPD distrik Sorong Barat mencatat Calon Anggota DPD RI nomor urut 8 meraih 4.428 suara. Artinya terjadi selisih antara pencocokan data C1 plano hasil rekap dari 82 TPS di Distrik Sorong Barat sebesar 1.796 suara.

Dengan demikian keberatan dari Calon Anggota DPD RI nomor urut 5 Hartono terbukti. Maka tentu suara tambahan yang diperoleh oleh Calon Anggota DPD RI nomor urut 8 dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil pencocokan data yang direkomendasikan oleh Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya.

Secara keseluruhan hasil rekapitulasi perhitungan suara Kota Sorong untuk pemilihan Calon Anggota DPD RI, Paul Finsen Mayor Calon Anggota DPD RI nomor urut 10, meraih suara terbanyak dengan jumlah 30.619 suara.

Diikuti oleh Calon Anggota DPD RI, nomor urut 8 Sanusi Rahaningmas yang memperoleh 19.650 suara.

Untuk posisi ketiga diraih oleh Calon Anggota DPD RI nomor urut 7 Pdt. Mamberop Rumakeik dengan 18.069 suara.

Diikuti pada posisi keempat, Calon Anggota DPD RI nomor urut 5 , Hartono yang meraih 15.587 suara dan posisi kelima diraih Calon Anggota DPD RI nomor urut 2, Agustinus Kambuaya dengan memperoleh 14.204 suara.

Untuk diketahui, pleno rekapitulasi KPU Papua Barat Daya masih tertinggal 2 kabupaten lagi dari 6 kabupaten dan kota untuk dilakukan pengesahaan hasil rekap pemilihan calon Anggota DPD RI.