Berita

Aziz Hentihu Raih Suara Terbanyak di Buru Bawa PPP Ciptakan Sejarah Baru

×

Aziz Hentihu Raih Suara Terbanyak di Buru Bawa PPP Ciptakan Sejarah Baru

Sebarkan artikel ini
Ketua DPW PPP Provinsi Maluku, Aziz Hentihu. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Maluku, Aziz Hentihu meraih suara terbanyak, dari semua calon anggota legislatif (caleg) Provinsi Maluku dari daerah pemilihan (dapil) 2, yang terdiri dari Kabupaten Buru dan Buru Selatan (Bursel), namun gagal lolos DPRD Provinsi Maluku pada pemilu 2024.

Bakal Calon Bupati Buru ini menjadi juara dengan perolehan suara tertinggi dari semua caleg partai politik Provinsi di Kabupaten Buru dengan raihan suara 8.017.

Namun sayangnya, Aziz Hentihu kalah tipis akumulasi suara gabungan Kabupaten Buru Selatan dengan kader internal PPP lainnya, Dali Syarifudin.

Di Kabupaten Buru, Dali meraih 7.180 suara di bawah suara Aziz, tetapi di Kabupaten Buru Selatan Dali meraih 1.263 suara, sehingga menang akumulasi dan meloloskannya ke DPRD Provinsi Maluku.

Data sementara hasil perolehan suara di Kabupaten Buru, 5 besar peraih suara tertinggi dari semua caleg parpol minus Kabupaten Buru Selatan yakni:

5518
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

  1. Aziz Hentihu (PPP) meraih sebanyak 8.017 suara
  2. Ikram Umasugi (PKB) meraih sebanyak 7.304 suara
  3. Dali Syarifudin (PPP) meraih suara sebanyak 7.176 suara
  4. Solihin Buton (PKS) meraih suara sebanyak 4.222 suara
  5. Gadis Umasugi (Golkar) meraih suara sebanyak 4.093.

DPW PPP Maluku Pimpinan Aziz Hentihu sendiri sebelumnya di prediksi akan meloloskan dua anggota DPRD Provinsi Maluku dari dapil Maluku 2 pada pemilu 2024.

Akan tetapi, sampai dengan saat ini terkonfirmasi hanya mampu meloloskan 1 anggota DPRD Provinsi Maluku. PPP saat ini bersaing dengan PDIP, untuk menjadi pemenang pemilu DPRD Provinsi Dapil Maluku 2, dengan perolehan suara 20.196 suara.

Sementara itu, Aziz Hentihu yang dihubungi Teropongnews.com dari Ambon, Senin (18/3/2024) membenarkan hasil perolehan suara tersebut.

Sebagai Ketua DPW PPP Provinsi Maluku, Hentihu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, yaini organisasi partai dan tim, yang telah bekerja penuh keikhlasan, tanpa kenal lelah mendukung dan mempercayakan PPP se-Maluku, khususnya di Kabupaten Buru dalam pencapaian PPP pada Pileg tahun 2024 ini.

“Saya juga senang di DPRD Kabupaten Buru, sesuai amanat politik saya, ketika membuka Muscab PPP Buru di Namlea pada tahun 2021 lalu, bahwa dari 3 kursi DPRD Kabupaten Buru saat ini, target kita adalah meloloskan 5 kursi DPRD Kabupaten Buru, dan menjadi pemenang dengan merebut Kursi Ketua DPRD dan itu terbukti. Khusus untuk capaian di DPRD Provinsi Dapil Maluku 2, kita juga melampaui suara dari Pemilu tahun 2019 lalu yang hanya 16. 664 suara menjadi 20.203 suara di Pemilu tahun 2024,” kata Hentihu.

Kendati tidak lagi lolos ke DPRD Provinsi Maluku, namun Hentihu mengatakan, sebagai seorang pemimpin di PPP Maluku yang berasal dari Kabupaten Buru, dirinya lebih mengutamakan legacy politik yang baik untuk PPP, dan menjaga tradisi politik PPP untuk tetap meloloskan anggota DPRD Provinsi Maluku.

Jika lolos pun, lanjut Hentihu, dirinya harus mundur dari jabatan tersebut, lantaran akan maju di Pilkada Kabupaten Buru, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU). Jadi, siapapun yang terpilih, yang paling utama adalah PPP terpilih.

“Saya memimpin dan membangun PPP di Kabupaten Buru sebagai Ketua DPC, sejak tahun 2005 atau pasca Pemilu 2004 hingga tahun 2020, kemudian menjadi Ketua DPW PPP Maluku hingga saat ini. Memulai memimpin DPC PPP Buru di tahun 2005 pada saat PPP di Buru masih nol kursi. Di provinsi juga saat itu nol kursi dari dapil Buru – Bursel,” ujar dia.

“Tentu dengan capaian saat ini saya senang, dan bangga karena 4 kali pemilu terakhir ini hasil suara dan kursi kita terus mengalami peningkatan hingga menjadi pemenang pemilu 2024 di Kabupaten Buru dan meloloskan anggota DPRD Maluku asal Buru,’ tambah Hentihu.

Paling utama, menurut Hentihu, pihaknya dapat menyiapkan proses dan sirkulasi regenerasi kader dengan baik di PPP Kabupaten Buru. Misalnya, Dali Fahrul Syarifudin yang lolos ke DPRD Provinsi Maluku menggantikan dirinya.

Kemudian ada 5 anggota DPRD Kabupaten Buru terpilih saat ini, masing-masing Bambang Langlangbuana, Hartini Wamnebo, Muid Wael, Barokah, Hamid Banda.

“Mereka adalah kader terbaik yang menciptakan sejarah baru sebagai pemenang pemilu 2024, dan merebut Ketua DPRD Kabupaten Buru 2024-2029. Insha Allah, setelah di lantik pada bulan September 2023 nanti, saya yakin mereka semua akan siap mengabdi dan mampu menjalankan amanah publik dengan baik. Selanjutnya, setelah menang pileg 2024 ini, kita akan melakukan evaluasi terhadap hasil pileg 2024, dan segera berbenah untuk target memenangkan Pilkada Buru 2024 pada bulan November nanti,” tandas Hentihu.