Wattimena: Seluruh Elemen Masyarakat Harus Berkolaborasi Amankan Pemilu

Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan TPS, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Satuan Linmas, di Lapangan Merdeka, Rabu (7/2/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Tepat 7 (tujuh) hari jelang Pemilu 14 Februari 2024, digelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Satuan Linmas, di Lapangan Merdeka, Rabu (7/2/2024).

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, yang dalam amanatnya mengatakan, apel ini merupakan bentuk sinergitas, dalam rangka menyukseskan pemilu, sehingga terselenggara aman, damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Sinergitas antar seluruh komponen penyelenggara pemilu, dan unsur pendukung di daerah wajib dilakukan demi suksesnya kegiatan demokrasi 5 (lima) tahunan ini, untuk kepentingan negara, daerah Maluku, dan Kota Ambon ke depan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan senantiasa berpedoman pada regulasi, maka dukungan menjaga ketertiban pada tempat-tempat pemungutan suara harus dipersiapkan, dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Selain itu, menurut Wattimena, seluruh unsur penyelenggara pemilu, TNI, Polri, ASN, maupun Satuan Linmas wajib menunjukan kinerja obyektif, transparan, bersikap netral, serta memastikan semua warga yang sudah memiliki hak pilih dapat menyalurkan haknya pada 14 Februari nanti.

“Yang hadir di sini bertanggungjawab pada pelaksanaan pemilu di wilayah Kota Ambon, apabila ditemukan kerawanan dan hambatan yang berpotensi mengganggu ketertiban di TPS, maka harus diambil langkah tegas sesuai prosedur, untuk meminimalisir gangguan keamanan,” bebernya.

Wattimena menghimbau, agar seluruh petugas pengamanan di TPS dapat bekerja dengan baik, dan jujur, sebab tugas tersebut akan menentukan nasib bangsa ini 5 tahun ke depan.

Dia juga mengingatkan, jika di era modern ini, semua hal dapat terpantau di media sosial sehingga perlu kehati-hatian.

“Suksesnya pemilu harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan, demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan,” harapnya.