Berita

Salut! Kota Ambon Raih Penghargaan dari Badan POM RI

×

Salut! Kota Ambon Raih Penghargaan dari Badan POM RI

Sebarkan artikel ini
Penghargaan bagi Kota Ambon, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, didampingi Plt. Kepala Badan POM, Dr. Rizka Andalusia kepada PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon berhasil meraih penghargaan, sebagai Kota terbaik ke III yang aktif mendukung program pengendalian Program Resistensi Antimikroba (AMR), pada rangkaian kegiatan peringatan HUT Badan POM RI Tahun 2024, di Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Penghargaan tersebut adalah hasil Kolaborasi BPOM di Ambon dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam upaya peningkatan kesadaran (awareness), yang lebih masif dan terimplikasi lebih luas, terkait urgensi pengendalian resistensi antimikroba.

Hal ini sesuai amanat Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2021, tentang Rencana Aksi Pengendalian Resistensi Antimikroba dan Peta Jalan Pengendalian Resistensi Antimikroba Badan POM tahun 2020-2024.

Penghargaan bagi Kota Ambon diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, didampingi Plt. Kepala Badan POM, Dr. Rizka Andalusia kepada PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena.

“Penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan daerah, yang telah menunjukkan komitmen dan konsistensi nyata dalam mewujudkan dukungannya,” ungkap Wattimena di kepada wartawan, di Ambon, Rabu (7/2/2024).

5191
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dia berharap, dengan penghargaan ini dapat menambah semangat kolaborasi dalam pengawasan dan pengendalian AMR, serta menjadi pengingat akan komitmen yang harus dilaksanakan dan diimplementasikan, dalam edukasi pengendalian antimikroba kepada tenaga kesehatan dan masyarakat luas.

“Kolaborasi antara Pemkot dengan BPOM dengan stakeholder terkait lainnya harus terus ditingkatkan,” tambahnya.

Menurut Wattimena, penghargaan ini menjadi pemicu bagi kabupaten/kota lainnya di Provinsi Maluku, untuk bersinergi dalam meningkatkan perannya dalam pengendalian antimikroba.