BeritaKriminalitas

TNI Gagalkan Aksi KKB Hendak Serang Proyek Pembangunan Puskesmas di Kampung Ayata

×

TNI Gagalkan Aksi KKB Hendak Serang Proyek Pembangunan Puskesmas di Kampung Ayata

Sebarkan artikel ini
Lokasi proyek pembangunan Puskesmas di Kampung Ayata, kabupaten Maybrat.

TEROPONGNEWS.COM,MAYBRAT – Pasukan Yudha Sakti berhasil menggagalkan aksi penyerangan yang akan dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KST TPNPB) Wilayah Kodap IV/Sorong Raya terhadap proyek pembangunan Puskesmas yang berada di Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Aksi terror oleh KST TPNPB atau Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) telah terjadi selama 3 hari berturut turut, dengan puncaknya saat terjadi kontak tembak antara Tim Patroli Pos Ayata Satgas Yonif 133/YS dengan KST TPNPB yang terjadi pada Kamis 22 Februari 2024 sekitar pukul 12.00 WIT di sekitar proyek pembangunan Puskesmas.

Namun niat jahat tersebut berhasil digagalkan oleh Satgas Yonif 133/YS yang melaksanakan Patroli Parimeter, sehingga membuat 3 orang KST TPNPB lari kocar-kacir ke dalam hutan.

Dansatgas Yonif 133/YS, Letkol Inf Andhika Ganessakti menyampaikan bahwa kronologi kejadian bermula saat pekerja proyek pembangunan Puskesmas, Ansar (43) dan Faan Umpain (35), melihat adanya beberapa orang yang tidak dikenal dengan gerak-gerik mencurigakan berada di sekitar proyek pembangunan Puskesmas, sehingga para pekerja proyek tersebut merasa takut untuk melakukan kegiatan.

Karena kondisi tersebut, pekerja proyek pembanguanan Puskesmas mendatangi Pos Ayata dan melaporkan perihal adanya orang yang tidak di kenal dengan melakukan gerak-garik yang mencurigakan.

5230
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menindaklanjuti laporan para pekerja tersebut, Tim Patroli Parimeter Pos Ayata Satgas Yonif 133/YS langsung melaksanakan Patroli di sekitar belakang proyek pembangunan Puskesmas.

Pada pelaksanaan patroli tersebut, anggota Tim melihat pergerakan 3 orang KST TPNPB dengan membawa 2 pucuk senjata laras panjang jenis rakitan, dan 2 bilah parang sedang bergerak akan memantau aktivitas pekerja disekitar proyek pembangunan Puskesmas, akan tetapi niat jahat tersebut berhasil diketahui dan digagalkan oleh Tim Patroli.

Akan tetapi kelompok KST tersebut berhasil melarikan diri kedalam hutan dengan membagi menjadi 2 kelompok, dikarenakan rencana aksi mereka telah diketahui. Di mana saat melakukan pelarian, salah seorang dari kelompok KST tersebut sempat terperosok kedalam jurang sedalam kurang lebih 10 meter.

“Dengan kejadian tersebut mengingatkatkan kita bahwa kelompok KST di wilayah Maybrat masih aktif untuk mengganggu keamanan masyarakat, dan proses pembangunan insfrastruktur di Papua khususnya di Kabupaten Maybrat,”jelas Letkol Andhika lewat releasenya, Sabtu (24/2/2024).

Oleh karena itu ia mengimbau agar masyarakat dan para pekerja proyek pembangunan Puskesmas lebih berhati-hati, dan jangan ragu untuk melaporkan setiap hal mencurigakan kepada Satgas.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, baik dari pihak Satgas ataupun dari pihak masyarakat. Sehingga pekerjaan proyek pembangunan Puskesmas di Kampung Ayata berlanjut dengan normal,”pungkasnya.