Berita

PJ Wali Kota Ambon dan ASN Bersihkan Sampah di Pantai Galala

×

PJ Wali Kota Ambon dan ASN Bersihkan Sampah di Pantai Galala

Sebarkan artikel ini
Foto bersama, usai aksi bersih pantai dalam rangka peringatan HPSN 2024, di Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Jumat (23/2/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena bersama ASN, di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melakukan aksi bersih pantai dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, di Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Jumat (23/2/2024).

Wattimena dalam sambutannya mengatakan, peringatan HPSN ini menjadi sumber daya produktif menuju Zero Waste, dan Zero Emission di Kota Ambon.

“Ini merupakan salah satu langkah dalam upaya mengelola sampah dari pola kumpul, angkut dan buang menjadi hindari, batasi, pilah, olah dan proses akhir yang menjadi kebutuhan kita bersama, sehingga sampah dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, sosial, ekonomi secara bersama,” tuturnya.

Dikatakan, sesuai surat edaran Menteri LHK Nomor 2/2024 tentang peringatan HPSN, maka di tahun ini mengangkat tema Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif.

“Tema tersebut memberi pesan buat kita semua, bahwa urusan sampah plastik adalah urusan penting dan mendesak, sehingga harus menjadi satu urusan prioritas,” kata Wattimena.

5183
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dia menambahkan, menyelesaikan urusan sampah plastik tidak cukup dengan hal biasa-biasa saja, namun butuh cara luar biasa yang memerlukan gagasan dan inovasi baru, sehingga dapat memaduserarsikan antara kepentingan ekonomi dan sosial.

“Salah satu cara mengatasi sampah plastik antara lain, pemerintah perlu berperan aktif dalam mengatasi polusi akibat sampah plastik, serta perlu partisipasi masyarakat dalam perubahan perilaku gaya hidup minim sampah, dan budidayakan memilah sampah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, peringatan HPSN 2024 di Kota Ambon, selain diisi dengan aksi bersih, juga ada dialog, talkshow dan Podcast. Turut hadir pada aksi bersih di Desa Galala, DLHP Provinsi Maluku, BPJS Ketenagakerjaan, USAID-CCBO, dan PT Telkom Indonesia, yang memberikan bantuan satu unit Motor Tosa kepada Pemkot Ambon.