DaerahKesehatan

Kayung Agro Lestari Gandeng Puskesmas Kuala Satong Lindungi Warga dari Demam Berdarah Dengue

×

Kayung Agro Lestari Gandeng Puskesmas Kuala Satong Lindungi Warga dari Demam Berdarah Dengue

Sebarkan artikel ini
PT Kayung Agro Lestari (KAL) bekerja sama dengan Puskesmas Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat melakukan kegiatan fogging focus untuk menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti pada Rabu (31/1/2024).

TEROPONGNEWS.COM, KETAPANG – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Puskesmas Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, melakukan kegiatan pengasapan atau fogging focus untuk menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. 

Keterangan tertulis PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, Rabu (7/2/2024), menyatakan kegiatan tersebut digelar pada Rabu (31/1/2024) dengan titik kumpul di Puskesmas Pembantu (Pustu) Dusun Kepayang, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang.

Kegiatan fogging focus itu juga melibatkan Kepala Dusun Kepayang dan Tim Klinik KAL. Lokasi fogging difokuskan ke beberapa rumah warga yang terkonfirmasi menderita DBD. 

Tim juga melakukan Pemberantasan Sarang nyamuk (PSN) dan Larvasidasi dengan mengecek beberapa lokasi tempat penampungan air di rumah warga dan sekolah sekitar. Pada tempat-tempat tersebut ditaburkan bubuk abate untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypti yang berpotensi berkembang menjadi nyamuk dewasa yang dapat menularkan penyakit DBD di masyarakat.

Kepala Puskesmas Kuala Satong, Pawali, SKM menekankan pentingnya kegiatan fogging focus mengingat tingginya angka DBD di Kabupaten Ketapang, terutama di Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara dengan 7 pasien yang dirawat. “Kami mengapresiasi kolaborasi dengan KAL dan berharap sinergi ini dapat terus terjalin untuk menangani berbagai kasus penyakit dan meningkatkan pelayanan kesehatan di Desa Laman Satong,” ujarnya.

Dadi, General Manager KAL, menegaskan komitmen KAL untuk terus mendukung program kesehatan, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan kasus demam berdarah dengue di masyarakat sekitar.

“Kolaborasi ini merupakan wujud kepedulian KAL terhadap kesehatan masyarakat. Kami berharap program ini dapat membantu menekan angka kasus DBD dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Dadi.

Sebelumnya, KAL bersama Puskesmas Kuala Satong telah berkolaborasi untuk program pencegahan stunting dan kegiatan pelayanan kesehatan bagi anak-anak melalui Posyandu.

Dadi menambahkan, program kesehatan yang telah dilakukan oleh KAL sejalan dengan visi dan misi Grup ANJ, yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan sosial ekonomi.