Disdukcapil Lakukan Perekaman dan Cetak e-KTP bagi WB Lapas Kelas IIA Ambon

Disdukcapil Kota Ambon, saat melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP bagi WB Lapas Kelas IIA Ambon, di Desa Negeri Lama, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Kamis (1/2/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Warga Binaan (WB) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon di Desa Negeri Lama, Kecamatan Baguala, Kota Ambon menjadi sasaran program jemput bola, untuk perekaman dan pencetakan KTP Elektronik (e-KTP) yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Kamis (1/2/2024).

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, untuk memberdayakan dan memberikan bantuan bagi WB, sebagaimana yang telah disepakati bersama.

“Apa yang dilakukan saat ini untuk mengkonkritkan kesepakatan Pemkot Ambon dengan Lapas, untuk dapat memberdayakan dan memberikan bantuan bagi WB,” ujarnya.

Menurutnya, proses perekaman dan pencetakan e–KTP terus dilaksanakan Disdukcapil di berbagai tempat dengan metode jemput bola. Hal ini guna memastikan semua masyarakat di Kota Ambon memiliki kartu identitas, dan administrasi kependudukan lainnya.

“Setelah kami koordinasikan dengan pihak Lapas, bahwa ada WB yang belum memiliki e-KTP. Oleh sebab itu, kita lakukan (jemput bola) di sini,” kata Wattimena.

Dia mengaku, pelayanan yang dilakukan Disdukcapil bukan hanya bagi WB yang tecatat sebagai warga Kota Ambon, tetapi juga untuk warga kabupaten/kota lainnya.

“Yang dilayani di sini tidak hanya warga Kota Ambon saja, tetapi dari kabupaten/kota lainnya, jika pernah melakukan perekaman dan e-KTP-nya tercecer, maka dapat kita lakukan pencetakan ulang, karena database nya sudah ada secara nasional,” bebernya.

Menurut Wattimena, tidak hanya melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP, ke depan Pemkot Ambon juga akan membantu WB Lapas dalam bidang-bidang yang lain.

“Kita memberikan perhatian kita bagi WB, dan bukan hanya soal e-KTP, tapi juga kita fasilitasi di bidang-bidang lainnya, yang sedang diidentifikasi oleh pihak Lapas. mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi WB di tempat ini,” harap Wattimena.