Ini Strategi Disperindag Kota Ambon untuk Bantu Masyarakat

Operasi Pasar yang digelar Pemkot Ambon, di kawasan Wara, Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (1/2/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Guna membantu warga Kota Ambon memenuhi kebutuhan bahan-bahan pokok, maka Dinas Perindag Kota Ambon melaksanakan Operasi Pasar di kawasan Wara, Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (1/2/2024).

Kepala Dinas Perindag Kota Ambon, Josias Loppies mengaku, operasi pasar telah dilakukan di sepanjang bulan Januari 2024 di Pasar Mardika, dan memasuki bulan Februari ini, dilanjutkan juga di kawasan lainnya yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Jadi terkait kegiatan operasi pasar selama bulan Januari dilaksanakan di Pasar Mardika, dan kemarin kita putuskan untuk laksanakan juga di pemukiman masyarakat, guna membantu memenuhi kebutuhan mereka,” jelasnya.

Dikatakan, saat operasi pasar di Hative Kecil, pihaknya melibatkan distributor Gema Rejeki, dengan bahan pokok yang dijual, antara lain, beras, telur, bawang putih dan bawang merah.

“Sistemnya dengan pembagian kupon, yakni ada sebanyak 400-500 kupon yang kita sebar di masyarakat,” ucap dia.

Loppies mengaku, antusias masyarakat sangat besar terhadap operasi pasar yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, lantaran harga bahan pokok yang dijual sangat murah, dan berada dibawah harga pasaran.

“Kita beri harga murah, sebab telah disubsidi oleh Pemkot Ambon. Misalnya, untuk beras Bulog 5 Kg, dijual dengan harga Rp 55 Ribu, bawang putih Rp 32 ribu/kg, dan bawang merah Rp 34 ribu/kg,” bebernya.

Loppies mengatakan, operasi pasar ini akan dilanjutkan ke Pasar Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, guna mengantisipasi dampak kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

“Adanya kenaikan ini, karena kita bukan daerah penghasil, sehingga berharap pasokan dari luar. Ketika pasokan terlambat, menyebabkan harga naik,” tutup Loppies.