Cipayung Plus, BEM, dan Ormas se-Papua Barat Daya Serukan Pemilu Damai: Tolak Segala Bentuk Provokasi

Penandatanganan deklarasi Pemilu damai oleh Cipayung Plus, BEM dan Ormas se-Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Organisasi Mahasiswa Cipayung Plus, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Organisasi Masyarakat (Ormas) se-Papua Barat Daya Serukan Pemilu Damai.

Hal itu ditandai dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai yang dilakukan di Taman Sorong City, Kota Sorong Papua Barat Daya, Rabu (7/2/2024).

Deklarasi pemilu damai di Taman Sorong City. (Foto:Mega/TN).

Adapun isi deklarasi Pemilu damai yang dibacakan bersama, yakni:

  1. Mendukung Pemilu Damai
  2. Menolak segala bentuk provokasi
  3. menolak politik identitas.
  4. Menjaga situasi Kamtibmas wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya
  5. Meminta lembaga penyelenggara dan institusi pemerintah tetap netral

Ketua Cabang HMI MPO Sorong Raya, Asrul Kubal mengatakan bahwa kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan kampus yang ada di Sorong. Menurutnya, para organisasi tentu punya keterlibatan untuk menjaga ketertiban pemilu di tahun 2024.

“Harapan kami juga buat penyelenggara penyelenggara Pemilu dari KPU sampai KPPS KPPS untuk tetap netral, guna menjaga demokrasi kita ini tetap dinamis ke depan,”harapnya.

Di samping itu, meski ada beberapa kader-kader HMI yang tergabung dalam KPPS, Asrul tetap mengimbau agar senantiasa netral. Sebab HMI adalah organisasi independen.

“Untuk senior yang maju dalam kontestan ini kita juga jarak. Dukungan kita secara person itu menjadi salah satu hak demokrasi kita masing-masing. Tapi soal politik money, kita jaga jarak,”