BisnisLingkunganPendidikan

Anak Usaha ANJ di Belitung Timur Bangun Balai Dusun Guna Masyarakat Sekitar

×

Anak Usaha ANJ di Belitung Timur Bangun Balai Dusun Guna Masyarakat Sekitar

Sebarkan artikel ini
Peresmian Pembangunan Balai Dusun di Dusun Air Ruak Dua, Desa Simpang Tiga oleh Bupati Belitung Timur, Tim SMM serta Kepala Desa Simpang Tiga dan Camat Simpang Renggiang

TEROPONGNEWS.COM, BELITUNG TIMUR – PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ) di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, mendirikan Balai Dusun di Dusun Air Ruak Dua, Desa Simpang Tiga, Kabupaten Belitung Timur. Pembangunan Balai Dusun ini merupakan bukti komitmen perusahaan dalam bidang sosial untuk pengembangan masyarakat sekitar.

1240
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Peresmian Balai Dusun ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Direktur Utama SMM,Juli Wankara Purba pada Rabu (21/2/2024).

“Balai Dusun diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa dan wadah bagi pengembangan kegiatan masyarakat, seperti kegiatan edukasi ataupun pembinaan kelompok perajin daun Lais,” kata Juli Wankara Purba

Juli mengungkapkan Kelompok Tani Daun Lais di Desa Simpang Tiga merupakan kelompok tani binaan SMM dan cukup berkembang, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Hal ini juga sejalan dengan program SMM berupa penanaman pohon lais di kawasan konservasi sepadan sungai area replanting. 

Sementara Bupati Belitung Timur Burhanudin memberikan apresiasi kepada SMM atas pembangunan Balai Dusun itu. Dia berharap Balai Dusun ini dapat menjadi wadah pengembangan kegiatan produktif yang berkelanjutan, mengembangkan potensi masyarakat Dusun Air Ruak Dua dan Desa Simpang Tiga, dan menjadikan Desa Simpang Tiga menjadi desa yang maju.

“Dibangunnya Balai Dusun di Dusun Air Ruak Dua merupakan bentuk nyata terhadap komitmen SMM akan pengembangan masyarakat sekitar area operasional perusahaan,” katanya.

Dia menjelaskan pembangunan Balai Dusun bermula dari musyawarah antara SMM dan masyarakat sekitar melalui Kades Simpang Tiga terkait permintaan masyarakat untuk penggunaan areal HGU yang akan dilakukan replanting sebagai fasilitas umum masyarakat. 

“Karena areal HGU merupakan lahan produktif yang digunakan untuk penanaman kelapa sawit maka SMM mengakomodir permintaan tersebut dengan membangun Balai Dusun di areal luar HGU yang berada di sekitar Dusun Air Ruak Dua,” jelas Burhanuddin.

Burhanuddin menambahkan bahwa SMM memberikan dukungan untuk pengembangan sosio ekonomi masyarakat sekitar perusahaan, salah satunya membina dan mendukung kelompok tani daun lais dengan memberikan bahan baku dari program penanaman pohon lais di area konservasi sepadan sungai. 

Pada kesempatan itu, warga Desa Simpang Tiga, Wasni mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada SMM yang telah merealisasikan pembangunan Balai Dusun di wilayahnya. Beliau mengatakan jika penggunaan bangunan ini begitu penting bagi masyarakat, karena selama ini masyarakat belum mempunyai fasilitas bangunan tempat berkumpul.

“Inikan permintaan masyarakat untuk berbagai macam kegiatan, dan karena tempat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat jadi kami akan menunggu sampai bangunannya selesai. Saya mewakili masyarakat Desa Simpang Tiga berterimakasih kepada SMM yang telah memenuhi permintaan masyarakat,” ujar Wasni. 

Selain itu, di Dusun Air Ruak Dua juga terdapat Koperasi Mitra Anugrah (KMA) yang bermitra dengan SMM dan telah memperoleh Sisa Hasil Kebun (SHK) perdana di tahun 2024 ini karena sudah bersaldo positif. Dukungan lainnya yang diberikan SMM kepada Koperasi sawit yang bermitra adalah pada aspek keberlanjutan, yaitu dengan sertifikasi ISPO dan RSPO yang didapatkan oleh KMA di tahun 2023.

Pembangunan Balai Dusun Air Ruak Dua direncanakan selesai dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Balai Dusun akan dilengkapi dengan panggung untuk tempat masyarakat sekitar berkreasi dan juga ruangan untuk rapat dan administrasi pemerintahan Desa.