Politik

Ganjar Berkunjung ke Pesisir Pekalongan, Warga: Terima Kasih, Berkat Bapak Tidak Banjir Rob Lagi

×

Ganjar Berkunjung ke Pesisir Pekalongan, Warga: Terima Kasih, Berkat Bapak Tidak Banjir Rob Lagi

Sebarkan artikel ini
Capres Ganjar Pranowo saat menemui para nelayan di Pantai Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2024) (Foto:ist).

TEROPONGNEWS.COM, PEKALONGAN – Aksi blusukan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menuai tanggapan positif dari warga pesisir pantai Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah. Ucapan terima kasih warga kepada Ganjar ditujukan usai berhasil membangun tanggul laut semasa menjabat Gubernur Jateng.

“Makasih banyak Pak, sekarang kampung kami sudah tidak banjir rob lagi. Dulu setiap rob, bisa satu pinggang tingginya, sekarang sudah tidak lagi,” ucap seorang warga bernama Zulaikha (56) kepada Ganjar, Selasa (16/1/2024).

Diketahui program pembangunan tanggul laut itu sudah digencarkan Ganjar guna mengantisipasi naiknya air laut ke pemukiman warga. Bahkan, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mendatangi langsung Kementerian PUPR dan meminta agar proyek tanggul laut itu segera diwujudkan.

“Iya dulu ini daerah langganan banjir rob, tapi tadi saya lewat sudah kering ya. Sudah tidak banjir lagi bapak ibu?,” tanya Ganjar.

“Sudah tidak banjir Pak, makasih banyak Pak,” ucap warga kompak.

Ganjar menceritakan betapa sulitnya mewujudkan proyek tanggul laut di Pekalongan. Saat awal pembangunan, masyarakat banyak yang tidak setuju. Bahkan ada sebagian warga menolak pembangunan tanggul laut yang berfungsi sebagai penahan ombak itu.

“Tapi sekarang sudah dirasakan manfaatnya ya. Sudah tidak banjir rob lagi,” jelasnya.

Dalam acara itu, Ganjar juga mendiskusikan banyak hal dengan ribuan nelayan. Para nelayan mengeluhkan terkait BBM bersubsidi yang tidak tepat sasaran. Ada juga petani tambak yang berharap mendapat bantuan alat pembuat pakan ikan supaya mereka tak kesulitan membeli pakan yang mahal.

“Soal BBM betul, maka kami menilai pentingnya ada SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan). Dan sekali lagi data penerima subsidi harus benar. Maka ini harus disalurkan secara tertutup agar bantuan tepat sasaran,” ucapnya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD