Wattimena: Badan Saniri Memiliki Tanggung Jawab Majukan Negeri

Badan Saniri Negeri Rutong, Kecamatan Leitisel masa bakti 2023-2029 dilantik oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Jumat (1/12/2023), di Baileo Besar Negeri Rutong. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Badan Saniri Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Masa Bakti 2023-2029 dilantik oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena.

Pelantikan Saniri Negeri Rutong tersebut digelar Jumat (1/12/2023), di Baileo Besar Negeri Rutong, berdasarkan SK Wali Kota Nomor 1797/2023.

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya menegaskan, tanggung jawab untuk memajukan negeri atau desa tidak hanya dilakukan oleh Raja, sebagai Kepala Pemerintahan Negeri tetapi juga oleh Badan Saniri.

“Kenapa harus ada dua? Karena ibarat dua sisi mata uang, raja dalam tugasnya sebagai kepala pemerintahan diawasi saniri, tapi tugas kedua-duanya jelas untuk memajukan negeri,” tegas Wattimena.

Dia mengatakan, sebagai mitra yang setara dalam pemerintahan di negeri adat, Raja dan Badan Saniri harus saling mendukung dan mengisi satu sama lain, dalam upaya merancang pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu diharapkan, setelah peresmian ini dilakukan, apabila ada hal-hal yang tertunda, misalnya dalam hal perencanaan pembangunan Tahun 2024 dapat dibahas secara bersama.

“Saniri juga harus bermusyawarah memilih pengurus, ketua, wakil dan sekretaris, sehingga dapat bekerja untuk kepentingan negeri, karena saniri ini sudah sah secara adat dan secara pemerintahan,” ujarnya.

Menghadapi momentum Pemilu tahun 2024, Wattimena juga berpesan, agar badan saniri bersama raja dapat menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan kekompakan diantara masyarakat.

“Ada banyak upaya kontestan untuk mendapatkan suara, tetapi jangan sampai membuat terpecah belah. Masyarakat Negeri Rutong harus tetap menjaga kekompakan. Berbeda dalam pilihan politik itu hal biasa, tetapi ingat bahwa kita semua adalah orang basudara” bebernya

Kepada masyarakat, Wattimena berharap, agar dapat mendukung Badan Saniri Negeri yang baru dilantik.

Masyarakat dapat memberi interupsi, apabila ada hal-hal yang tidak benar dilakukan oleh Raja maupun badan saniri, tetapi sifatnya harus membangun, bukan untuk merusak.

“Pemerintah Kota Ambon juga akan selalu mendukung Saniri yang merupakan perwakilan semua Soa di negeri Rutong, sehingga saya menyampaikan selamat kepada Saniri yang baru diresmikan hari ini,” tandas dia.

Untuk diketahui, acara peresmian Saniri Negeri Rutong kemudian dilanjutkan dengan Program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR), dimana masyarakat negeri Rutong menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada PJ Wali Kota, yang hadir didampingi para pimpinan OPD.