Teluk Ambon Gelar MTQ Tingkat Kecamatan, Ini Pesan Wattimena

Kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, yang berlangsung secara terpusat, di Masjid Darul Naim, Wayame, Selasa (12/12/2023) malam. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), yang diikuti oleh 182 peserta, yang berlangsung secara terpusat, di Masjid Darul Naim, Wayame, Selasa (12/12/2023) malam.

Kegiatan yang dibuka oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena ini, bertujuan untuk mempersiapkan qori-qoriah terbaik pada tingkat ini, yang nantinya akan berkompetisi pada jenjang provinsi.

Untuk itu, Wattimena dalam sambutannya memberikan tiga pesan penting, agar kegiatan yang dilakukan ini tak hanya mencapai tujuannya, namun dapat berdampak besar bagi kerukunan antar umat beragama gama di Kota Ambon, khususnya di Kecamatan Teluk Ambon.

“Pertama, penguasa ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai identitas generasi Qur’ani, khususnya generasi muda Kecamatan Teluk Ambon dapat memiliki identitas tersebut,” kata dia.

Kedua, melalui kegiatan ini generasi muda dalam hal ini para peserta tak hanya pandai dalam melafalkan Al-Qur’an, namun dapat memahami isi kandungannya, dan menerapkan didalam kehidupan sehari-hari.

“Saya juga berharap pada qori-qoriah, untuk tidak mengharapkan juara sebagai target utama, tetapi yang terpenting melalui MTQ saudara-saudara dapat meningkatkan kapasitas dalam melatih dan mendalami Al-Qur’an,” pinta Wattimena.

Ketiga, Al-Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai toleransi, kerukunan dan persaudaraan, sekaligus menjadi solusi berbagai persoalan kebangsaan.

“Saya berharap generasi muda Islam di Kecamatan Teluk Ambon dapat menjadi agen-agen perdamaian dan kerukunan-kerukunan umat beragama, di lingkungannya masing-masing,” harap Wattimena.

Untuk diketahui dalam event MTQ terdapat empat cabang perlombaan. Diantaranya; Cabang Tilawah dengan peserta sebanyak 45 orang, Tartil (59), Hifsil (33), Fahmil (30), Kaligrafi (2), Syahril (3).