PJ Wali Kota Ambon Lantik Badan Saniri Negeri Hukurila

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat melantik Saniri Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon masa bakti 2023-2029, di Kantor Negeri Hukurila, Rabu (13/12/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena melantik sembilan orang Saniri Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel), Kota Ambon masa bakti 2023-2029. Kegiatan tersebut digelar di Kantor Negeri Hukurila, Rabu (13/12/2023).

Wattimena dalam arahan menjelaskan, jika raja dan badan saniri merupakan mitra bersama dalam upaya, untuk menentukan keberlangsungan pemerintahan.

“Raja dan Badan Saniri adalah mitra. Oleh karena itu, sinergitas antara keduanya bisa segera terlaksana, untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan dengan baik di Negeri Hukurila, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memastikan bahwa masyarakat Negeri Hukurila terlayani dalam berbagai bidang kehidupan,” ungkapnya.

Wattimena meminta, badan saniri untuk segera melaksanakan rapat, guna menentukan kepengurusan badan saniri. Sebab, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda), yang mengharuskan proses musyawarah dilaksanakan usai pelantikan atau peresmian itu berlangsung.

“Sesuai dengan amanat Perda, bapak/ibu harus segera melakukan rapat untuk memilih kepengurusan. Setelah itu, nantinya dapat bekerja dengan Raja untuk melakukan berbagai tanggung jawab, tugas penyelenggaraan pemerintahan. Dalam rangka itu, maka saya mau menitipkan, bahwa negeri ini bisa dibangun, apabila Raja dan Badan Saniri bisa menjadi mitra yang baik,” tegas Wattimena.

Selain itu, Wattimena juga meminta kepada kedua elemen ini, agar dapat melakukan kerjasama dengan tokoh agama, yakni Ketua Majelis Jemaat (KMJ), guna menjaga demokrasi di negeri tersebut.

“Supaya hal ini bukan menjamin terlaksana penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, tetapi juga yang paling penting adalah, memastikan bahwa dari seluruh proses itu ketertiban negeri ini tetap dijaga,” tandasnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada Raja dan Badan Saniri yang baru saja dilantik, untuk tetap menjaga nilai-nilai adat istiadat dan budaya.

“Tanggung jawab kita hari ini adalah menjaga, merawat, dan melestarikannya, agar kedepan dilanjutkan oleh anak-cucu kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara pelantikan Badan Saniri kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR), guna mendengar aspirasi masyarakat di Negeri Hukurila.