Polresta Sorong Kota Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Untuk Pengamanan Nataru

Pj. Walikota Sorong, Septinus Lobat saat memberi tanda pita Operasi Lilin 2023.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Polresta Sorong Kota melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin 2023 untuk pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (Nataru), Kamis (21/12/2023).

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Pj. Walikota Sorong Septinus Lobat, PJU dan Personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan, serta Satuan Polisi dan Satuan Pamong Praja.

Dalam amanatnya, Pj. Walikota Sorong Septinu Lobat mengatakan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

“Sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun itu tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok, ” ujar Septinus.

Menurutnya, hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024, sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, kementerian dan lembaga, Pemda, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

“Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan Kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai. Pada sisi kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah
menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan, “jelasnya.