Pemda Tambrauw Teken NPHD Bersama Polres dan Kodim Tambrauw

Pemda Tambrauw teken MoU bersama Polres dan Kodim Tambrauw, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW – Pemerintah Kabupaten Tambrauw melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Polres dan Kodim Tambrauw Sabtu (9-12-2024) di salah satu hotel di Kota Sorong.

Dalam penandatanganan tersebut Pemda Tambrauw menggelontorkan dana 4 Milyar. Polres Tambrauw mendapatkan anggaran 2,5 Milyar sementara Kodim 1810/Tambrauw mendapatkan anggaran 1,5 Milyar.

Pj. Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu,S.Hut,MM mengatakan Pemerintah Kabupaten Tambrauw dan Polres Tambrauw serta Kodim 1810 Tambrauw telah setuju dan sepakat atas nilai hibah untuk menunjang kegiatan stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Tambrauw pada Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dengan total sebesar Rp4 miliar.

Di mana anggaran tersebut akan diberikan dengan nilai sebesar Rp2,5 miliar kepada Polres Tambrauw. Kemudian kepada Kodim 1810 Tambrauw dengan nilai sebesar Rp1,5 miliar sesuai rincian anggaran berdasarkan tahapan pada Pemilu dan Pilkada tahun 2024 sebagaimana terlampir dalam nota kesepakatan.

Kemudian penyaluran hibah akan disesuaikan dengan kebutuhan Polres dan Kodim Kabupaten Tambrauw serta seluruh kesepakatan tersebut dituangkan dalam NPHD.

Dirinya pun berharap dengan penggunaan dana hibah tersebut, maka Polres dan Kodim dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Tambrauw.

“Diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam penanganan Kamtibmas di Kabupaten Tambrauw,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tambrauw AKBP Bendot Dwi Prasetio,S.Ik menyampaikan ucapan Terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pj Bupati dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tambrauw atas hibah yang telah diberikan kepada Polresta Tambrauw.

“Ini akan sangat membantu kami dalam melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu serentak tahun 2024,” katanya.

Lanjutnya, Untuk prioritas penggunaan anggaran ini tentunya untuk pengamanan setiap tahapan Pemilu, dari tahapan kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara.

Hal senada dikatakan, Dandim 1810 Tambrauw Letkol Inf.Feri Wijaya,S.Hub.Int. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Tambrauw.

“Terima kasih kepada Pj Bupati serta jajarannya terkait hibah yang diberikan kepada kami Kodim 1810 Tambrauw,” katanya.

“Ini akan digunakan dalam tahapan-tahapan Pemilu. Kita menjaga komitmen sinergitas kita dengan kepolisian. Untuk membantu pemerintah daerah untuk menjaga kondusivitas selama pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Tambrauw,” sambungnya.