Kemendikbudristek Ajak Generasi Muda Papua Barat Daya Ekspresikan Budaya Lewat Indonesiana TV

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Balai Media Kebudayaan (BMK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Komisi X DPR RI menggelar sosialisasi dan diskusi Visualisasi Konten Kebudayaan.

Sosialisasi yang melibatkan para seniman di wilayah Sorong itu digelar di Rylich Panorama Hotel,Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (5/12/2023).

Sosialisasi itu digelar untuk menekankan betapa pentingnya pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan lokal dengan melibatkan kontribusi pegiat seni, dan guna menggali sejauh mana upaya pelestarian kearifan lokal oleh masyarakat.

Anggota Komisi X DPR RI, Robert Joppye Kardinal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Komisi X dengan Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mengenalkan Platform Indonesiana.TV kepada anak-anak Papua, khususnya Papua Barat Daya.

Apalagi, Indonesiana.TV menjadi sumber inspirasi dan kreativitas yang dibentuk jadi karya untuk ditayangkan di platform Indonesiana TV. 

“Program Indonesian TV merangsang anak-anak muda membuat konten dan bisa dikenal karya baik nasional dan Internasional lewat platform ini. Apalagi kearifan lokal yang selama ini masih terpendam dapat muncul dan tersebar luas,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Robert, dengan adanya provinsi baru Papua Barat Daya, tentu pemerintah akan menyiapkan anggaran untuk mendukung program ini. Sebab, program ini selain memajukan budaya, juga bersifat edukasi.

“Saya berpesan kepada generasi muda, main handphone pilih konten yang bermanfaat, kalau bisa yang bersifat kebudayaan dan itu bisa disaksikan melalui situs www.indonesiana.tv, ” ucapnya.

Sebagai informasi, Indonesiana.TV adalah televisi kebudayaan pertama di Indonesia yang dikelola Kemendikbudristek dan tayang di media digital guna membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya lokal.

Tayangan Indonesiana.TV dapat disaksikan melalui situs www.indonesiana.tv atau jaringan televisi berlangganan IndiHome kanal 200 (HD) dan 916 (SD).