Ini Pesan Wattimena Saat Buka Pesparawi ke XIII Tingkat Kota Ambon

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat membuka lomba banding nyanyi Pesparawi ke XIII Tingkat Kota Ambon, di Baileo Oikumene, Selasa (5/12/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Lomba Banding Nyanyi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke XIII Tingkat Kota Ambon resmi dibuka oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena di Baileo Oikumene, Selasa (5/12/2023).

Wattimena dalam sambutannya mengaku, Pesparawi ini merupakan proses panjang yang dimulai dari tingkat desa/negeri dan kelurahan hingga kecamatan.

“Dan hari ini puncaknya, akan digelar Lomba Banding Nyanyi Pesparawi untuk mempersiapkan kontingen Kota Ambon, yang akan mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi Maluku pada tahun 2024 di Kota Masohi,” ujar Wattimena.

Dia menyatakan, ajang Pesparawi tingkat Kota Ambon ini mestinya menjadi sarana kompetisi secara sehat, dimana seluruh potensi menyanyi di Kota Ambon di eksploitasi.

“Ini untuk menghasilkan tim yang berkualitas, yang akan mewakili Kota Ambon ke depan,” tambahnya.

Menurut Wattimena, pelaksanaan Lomba Banding Nyanyi Pesparawi ini pararel dengan Lomba Qasidah dan Musik Religi Islam, serta Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) umat Katolik.

“Semua (ajang tersebut) difasilitasi pemerintah untuk tetap menjaga eksistensi Kota Ambon, sebagai Kota Musik Dunia serta untuk mengeksplor bakat menyanyi di Kota Ambon, serta yang paling terpenting untuk memuliakan nama Tuhan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kota Ambon, Pendeta J. Lailosa dalam laporannya menyatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari (5-6 Desember), dengan 11 kategori yang dilombakan meliputi:

  1. Solo anak usia 6-8 tahun
  2. Solo anak usia 9-11 tahun
  3. Solo remaja putra
  4. Solo remaja putri
  5. Paduan suara anak
  6. Paduan suara remaja/pemuda
  7. Paduan suara wanita
  8. Paduan suara pria
  9. Paduan suara dewasa campuran
  10. Vokal group
  11. Musik pop Gereja.