ICMI Jaksel Siapkan Generasi yang Mampu Hadapi Tantangan Zaman

Pelantikan anggota ICMI Jakarta Selatan..

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA, Ketua Orda ICMI Jakarta Selatan Rhesa Yogaswara mengatakan, dalam rangka merayakan Milad (HUT) ICMI ke-33, ICMI Orda Jakarta Selatan menyelenggarakan seminar interaktif tentang Pengembangan Ekosistem Halal di Kota Global Dalam Rangka Ekonomi dan Keuangan Syariah.

“Dalam HUT ke 33 ICMI ini juga dilakukan pengukuhan anggota baru ICMI Jakarta Selatan,” tegas Rhesa saat memberikan sambutan dalam acara yang diselenggarakan di Ballroom BJ Habibie Muamalat Tower Lantai 2, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Desember 2023.

Seminar interaktif ini menghadirkan sejumlah narasumber pada sesi I, yakni Deputi Direktur KNEKS, Dece Kurniadi; Asisten Perekonomin dan Keuangan Sekretaris Daerah Pemrov DKI Jakarta, Sri Haryati; Direktur Bank Muamalat Indonesia, Indra Falatehan.

Pada sesi II menghadirkan pembicara yakni Asisten Deputi Kemudahan dan Perlindungan Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM, Muhammad Firdaus; Ketua Umum DPN UKM IKM Nusantara, Hj Chandra Manggih Rahayu; serta Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH, Siti Aminah. Sesi kedua ini dimoderatori oleh Kadiv Hubungan Antar Lembaga, Luar Negeri dan Pertahanan Keamanan, Orda ICMI Jakarta Selatan, Chusnul Savitri.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Orwil ICMI DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; Wakil Ketua Umum ICMI, Jafar Hafsah; Walikota Jakarta Selatan, Mujirin; dan Dewan Kota Jakarta Selatan, Muchlis .

Ketua Orda ICMI Jakarta Selatan, Rhesa Yogaswara, menjelaskan, dalam acara yang disponsori oleh Bank Muamalat, Baznas DKI, BELLY Burger dan STIH IBLAM ini, arahan dari pengurus pusat ICMI bahwa setiap organisasi bisa menyelenggarakan Milad ICMI ke 33.

Sejak mendapat amanah sebagai ketua ICMI Jakarta Selatan, beberapa program sudah dilaksanakan dan akan terus kita laksanakan sebagai nama visi besar ICMI untuk meningkatkan 5 K yakni kualitas karya kehidupan keimanan dan seterusnya. Salah satu langkahkannya adalah meningkatkan pendidikan.

“ICMI Jaksel lebih menekankan pendidikan yang mampu menjawab tantangan zaman, yakni bagaimana generasi muda ke depan bisa menjadi solusi bagi masalah yang akan mereka hadapi di masa mendatang,” tegas Rhesa saat memberikan sambutan.

Masalah yang akan datang itu meliputi teknologi digital dengan iman dan taqwa sebagai landasan utamanya. Tentu tidak mungkin sendirian, banyak dukungan teman teman

Terkait topik yang dibahas, Rhesa mengatakan Jakarta ini bakal jadi kota apa di setelah ibu kota negara dipindahkan ke Nusantara. “Ke depan jika ibukota ini jadi pindah, Jakarta ini akan menjadi kota apa? Tentu para cendikia cendikia dituntut pemikirannya untuk menentukan Jakarta ke depan seperti apa,” tegas Rhesa.

“Sebagai kota pusat ekonomi metropolitan dan kemudian industri kreatifnya, dan bagaiman ekosistem halal harus kita bangun supaya nilai tambah bisa kita ujudkan,” ungkap Rhesa.

Seminar interaktif ini juga merupakan bentuk partnership Orwil ICMI Jaksel dengan LPH Quality Syariah, BPRS Aminul Ummah, LAZ Cendekia Amal Sejahtera serta DPN UKM IKM.(Khairil Huda)