Sekretaris BNPP Zudan Arif Kunjungan Kerja di PLBN Sota RI-PNG

Sekretaris BNPP sedang memantau seputaran PLBN RI-PNG Kampung Sota, Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG di Distrik Sota, Merauke Papua Selatan.

Kunjungan itu dilakukan pada Rabu (27/12/2023) usai mengukuhkan Badan Pengurus Korpri Papua Selatan di Swiss-belhotel di hari yang sama sebab dirinya menjabat juga sebagai Ketua Umum Korpri Nasional. Di PLBN Sota, ia ingin memastikan lalu lintas barang, orang maupun hewan di perbatasan dua negara RI dan PNG berjalan baik sebagaimana aturan yang berlaku.

“Prinsip utama, pos lintas batas itu untuk memberikan pelayanan pelintasan dan menjadikan masyarakat melintas secara legal baik dari dalam maupun dari PNG,” kata Zudan yang juga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat pada sela-sela kunjungannya di PLBN Sota didampingi Sekda Papua Selatan Maddaremmeng dan sejumlah pejabat perbatasan.

Sempatkan menyapa warga PNG seberang Pos Lintas Batas Negara RI-PNG, Foto Getty/TN

Menurutnya, hal yang paling diantisipasi adalah situasi dan waktu pelintas di luar jam kerja. Seperti orang sakit, meninggal dunia atau membawa daging buruan, maka pelayanan tetap harus diberikan dan ada kewenangan diskresi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelintas batas tersebut.

Setelah melihat dan mendengar laporan dari Kepala PLBN Sota, Ni Luh Puspa Jayaningsih dan petugas di sana, Zudan mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan menurutnya sudah sangat baik. Dan kehadirannya untuk memberikan motivasi guna lebih meningkatkan mutu pelayanan.

“Karena harapan masyarakat semakin lama semakin meningkat terhadap pelayanan kita yakni kemudahan pelayanan, keramahan dan kepastian yang sangat diharapkan oleh masyarakat,” pungkasnya.