HUT ke-24, DWP Papua Barat Daya Diharapkan Mampu Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

HUT DWP ke-24 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Papua Barat Daya memperingati hari ulang tahun DWP ke-24, Jumat (8/12/2023).

Peringatan HUT yang diikuti oleh DWP kabupaten/kota Se-Papua Barat Daya dan istri-istri Forkopimda itu digelar di Rylich Panorama Hotel, Kota Sorong.

Ketua DWP Papua Barat Daya, Uki Sriyanto Siagian mengatakan bahwa organisasi ini akan terus menjadi rumah, semua sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peran perempuan Indonesia.

“Organisasi ini akan terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggota, untuk saling mendukung satu sama lainnya, sehingga potensi masing-masing anggota dapat berkembang secara optimal, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai pilar pembangunan, Ibu- Ibu DWP merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam membangun keluarga masyarakat dan bangsa, yang senantiasa bersama-sama memberikan kontribusi yang bermakna dalam berbagai bidang mulai pendidikan ekonomi dan sosial budaya.

“Mari kita manfaatkan momentum ini untuk bersyukur atas perjalanan DWP yang panjang, juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah kita tempuh. Terima kasih saya ucapkan kepada setiap individu yang terus berperan aktif mendukung dan mencurahkan dedikasinya, untuk keberlangsungan capaian DWP, “jelasnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Papua Barat Daya yang diwakili oleh Pj. Sekda Edison Siagian menyampaikan selamat ulang tahun kepada ibu-ibu DWP Papua Barat Daya.

“Semoga tahun depan 2024, Dharma Wanita akan bertambah giat dan pencapaiannya itu dapat menunjukkan bahwa kita ingin mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), “kata Edison.

Menurutnya, tujuan pembangunan itu berasal dari rumah, sebab itu ibu-ibu berperan untuk melahirkan hingga membesarkan, sehingga menjadi yang pertama penentu TPB.

Edison menjelaskan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) itu ada 17, yakni:

  1. Tanpa Kemiskinan
  2. Tanpa Kelaparan
  3. Kesehatan dan Kesejahteraan
  4. Pendidikan Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
  7. Energi Bersih dan Terjangkau
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  9. Industri, Inovasi dan Infrastruktur
  10. Mengurangi Ketimpangan
  11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
  13. Tindakan untuk Perubahan Iklim
  14. Kehidupan di Bawah Air
  15. Kehidupan di Darat
  16. Perdamaian, Keadilan dan Institusi yang Kuat
  17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

“Pelaksanaan TPB di Indonesia itu sudah ada di Peraturan Presiden nomor 111 Tahun 2022 tentang pelaksanaan pencapaian TPB. TPB Ini targetnya tahun 2030, mari kita sama-sama menjadi aktornya, ” Pungkasnya.