Ganjar Beberkan Strategi Hubungkan Langsung Dunia Pendidikan dan Lapangan Kerja

Capres Ganjar Pranowo saat ditemui saat ditemui awak media di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023)(Foto:ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, memaparkan taktik jitunya untuk melekatkan bidang pendidikan dengan dunia kerja. Sebagai pemangku jabatan, pria yang identik dengan rambut putihnya itu bakal menjembatani interkoneksi antara pendikan dan kebutuhan dunia usaha.

Setidaknya, Ganjar-Mahfud telah menuangkan komitmen itu dalam poin pertama dalam 8 visi misi Ganjar-Mahfud, yakni mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif dan berkepribadian.

Dalam poin tersebut, dipaparkan tentang keseriusan menciptakan pendidikan berkualitas dengan porsi merata di seluruh daerah.

“Saya kira ide Ganjar-Mahfud tentang menciptakan lapangan pekerjaan, sekolah langsung kerja itu bagus sekali,” ujar Ganjar, di Klaten, dikutip Teropongnews, Rabu (27/12/2023).

Lebih rinci, Ganjar menambahkan, peran pemerintah, institusi pendidikan dan perusahaan sangat dibutuhkan guna menggenjot pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Caranya dengan menyambungkan kebutuhan dunia usaha dengan kurikulum pendidikan, pelatihan disertai dengan dukungan pemagangan yang nyata terhadap sekolah vokasi.

“Sekarang tinggal kuantitas, kualitas dan distribusinya agar kemudian akses itu bisa didapatkan oleh tenaga kerja baru yang muncul. Maka matching antara dunia pendidikan dengan industri itu menjadi sebuah keharusan,” sambung Ganjar,” kata Ganjar.

Ganjar pun turut mendorong dunia industri untuk bersiap menerima tenaga kerja dan menyambut kolaborasi kerja sama dengan institusi pendidikan.

“Yang pengusaha juga menyambut, maka saya sampaikan ke tim saya sekarang siapkan kerja teknokratisnya. Perusahaan mana yang kira-kira mau kita ajak kerja sama, sekolah mana yang bisa kita siapkan dan industrinya bisa jadi teaching industri buat mereka,” jelas Ganjar.

“Sehingga perkembangan dinamikanya ada dan itu cara kita matching,” sambung Ganjar.

Sebagai informasi, Ganjar-Mahfud juga menjanjikan program 17 juta lapangan kerja jika memenangkan kontestasi politik 2024.

Hal itu dilakukan dengan meluncurkan platform yang memudahkan masyarakat mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja online dan offline.