DP2KP Gelar Bulan Cinta Laut, Plt Kepala Dinas P2KP : Laut Bukan Tong sampah

Foto bersama Kepala Dinas P2KP PBD dengan Panitia BCL, Foto Doni/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan ( DP2KP ) Provinsi Papua Barat Daya menggelar kegiatan Bulan Cinta Laut (BCL) di Pantai Pelelangan Ikan PPI Klaligi, Kota Sorong, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sampah plastik dan sampah organik yang ada di wilayah PPI. Kegiatan BCL ini juga menjadi rangkaian pelaksanaan kegiatan yang di canangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Kegiatan ini dilakukan sepanjang pinggiran pantai PPI Klaligi. Dalam Laporan Ketua Panitia Semuel Kondjol, S.IK, M.Pi menyampaikan bahwa bahwa akti tersebut merupakan inisiatif bersama semua pihak yang peduli dengan Keberhasilan PPI Klaligi.

“aksi ini merupakan langkah inisiatif bersama semua pihak yang melibatkan peran serta semua pihak,” ucapnya

“Ini langkah awal bagi kami di DP2KP PROV PBD Baru memulai di tahun ini l, dan akan di laksanakan di tahun tahun yang akan datang, tentu nya kegiatan ini berjalan atas dukungan dari semua rekan rekan kerja dan semua lapisan masyarakat nelayan,” sambung Semuel.

Lebih lanjut kata Semuel, Kebersihan mesti dijaga dari lingkungan masing-masing karena sampah yang disekitar laut Sorong berasal dari sampah masyarakat yang ada di daratan.

“Kita semua tahu bahwa sampah yang ada di laut ini berasal dari darat, jadi jika lingkungan di darat kalau tidak di jaga baik maka akan berdampak ke biota laut yang ada, ini persoalan rantai makanan, ikan ikan sekarang ini banyak makan plastik,” bebernya.

Menurutnya sampah-sampah yang turun kelautan ini akan dikonsumsi oleh ikan yang berada disekitar laut Sorong, hal ini akan berdampak pada manusia disaat mengkonsumsi ikan. Untuk upaya pemerintah provinsi untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak mencemari laut dengan membuang sampah ke laut.

“Nah ini persoalan ikan makan sampah manusia makan ikan akhirnya manusia kena dampak, hal ini akan kami terus lakukan edukasi kepada nelayan agar tetap melakukan hal hal yang tidak mencemari laut,” ucap Semuel seraya mengajak masyarakat jaga kebersihan.

“Kami juga akan membuat suatu himbauan di wilayah PPI Ini agar Nelayan maupun pedagang di sini tidak lagi membuang sampah ke laut.,” lanjut Semuel.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan kelautan ( P2KP ) Provinsi Papua Barat Daya Absalom Solossa, S.Pi., MM. mengatakan Program Tahunan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) dan kami di Provinsi mencanangkan program ini dengan melaksanakan giat bersih bersih pantai dengan mengerakkan masyarakat. Karena laut adalah masa depan bangsa, laut harapan bangsa, laut untuk kesejahteraan, laut untuk keberlanjutan Pembangunan Kelautan Perikanan, sehingga sudah saatnya kita jaga pantai dan laut kita,

“Laut bukan Tempat pembuangan Sampah Laut Bukan Tong sampah untuk itu kami mohon pengertian dari semua masyarakat yang mendiami Pesisir Pantai untuk tidak lagi membuang sampah Lagi ke laut,” ujar Absalom

Absalom lebih lanjut menjelaskan Pemerintah terus melakukan edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke laut.

“Untuk itu kami akan terus mengedukasi dan sosialisasi kepada semua Masyarakat Nelayan agar tidak lagi membuang Sampah ke laut. Sebab Laut menyimpan sejuta kekayaan,” tutupnya.