Ditanya Tips Akses Pendanaan Solo, Gibran: Saya Sering Dibantu Pak Ganjar

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri debat pertama pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Gibran Rakabuming Raka yang merupakan calon wakil presiden dari Prabowo Subianto menyatakan bahwa kerja kolaborasi menjadi kunci untuk mendatangkan akses pendanaan untuk kota Solo, kota yang dipimpinnya selama menjadi walikota.

Kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah provinsi Jawa Tengah juga ia sebutkan saat ditanya bagaimana tips mendatangkan akses pendanaan oleh Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden Anies Baswedan dalam debat cawapres perdana, Jumat (22/12/2023).

Bahkan dengan terus terang Gibran mengaku dibantu oleh Ganjar Pranowo yang menjadi Gubernur Jawa Tengah saat dirinya menjadi Walikota Solo.

“Saya sering dibantu Pak Ganjar, gubernur saya. Ini kolaborasi. Tidak semua APBN. Ada yang pakai APBD, ada CSR juga, dan ada BUMN juga,” ungkap Gibran, Jumat 22 Desember 2023.

Ia juga menyatakan bahwa ada serangkaian hal yang perlu disiapkan untuk mendatangkan akses pendanaan berdasarkan pengalamannya menjadi walikota. Tanpa adanya persiapan tersebut, pendanaan tidak akan masuk.

“Sebelum ada proyek dari pusat masuk, para walikota harus menyiapkan redines kriteria. Kalau ga ada itu ga mungkin proyek masuk. Kita harus menyiapkan teknis, relokasi, nego dengan warga bantaran sungai bantaran rel kereta,” pungkas Gibran.