Damianus Katayu Terpilih Sebagai Ketua MRP PPS

Ketua Sementara MRP PPS Fransiskus Xaverius Wambon. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Damianus Katayu mewakili unsur agama menjadi ketua terpilih untuk memimpin Lembaga Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Selatan (MRP PPS).

Damianus terpilih sebagai Ketua MRP PPS periode 2023-2028 setelah melalui proses pemilihan yang berlangsung di Carrein Merauke dengan perolehan suara terbanyak 19 suara dari 33 anggota MRP PPS, pada Jumat (8/12/2023).

Menyusul Wakil Ketua I Yohana Gebze dari unsur perempuan dengan perolehan 6 suara. Sememtara yang menjadi Wakil Ketua II adalah Paskalis Imadawa dari unsur adat dari total suara yang didapat sebanyak 3 suara.

Sebelumnya, Ketua Sementara MRP PPS Fransiskus Xaverius Wambon menyampaikan sebelum pemilihan dilakukan, telah didahului dengan penjaringan calon pimpinan MRP PPS dan dari masing-masing unsur mengajukan 3 calon atau nama.

‘’Setelah calon ditetapkan, lalu masing-masing calon menyampaikan visi misi, kemudian dilakukan pemilihan,’’ terang Fransiskus.

Hasil pemilihan selanjutnya dilaporkan ke Pj Gubernur Papua Selatan untuk diterukan ke Mendagri guna mendapatkan SK penetapan dan pelantikan dari Mendagri. Untuk pimpinan MRP PPS ini akan dilantik oleh Gubernur Papua Selatan atas nama Mendagri.

“Terkait waktu pelantikan kami belum tahu, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilakukan,” tandasnya.