Meski Diguyur Hujan, Upacara Peringatan HUT ke-1 Papua Barat Daya Berjalan Khidmat

Upacara bendera peringatan HUT Ke 1 tahun Papua Barat Daya di Alun-alun Aimas. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Provinsi Papua Barat Daya kini berusia 1 tahun setelah resmi menjadi provinsi ke-38 pada tanggal 9 Desember 2022.

Untuk memperingati hari ulang tahun ke-1, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya menggelar upacara bendera di Alun-alun, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (9/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Upacara itu turut dihadiri Kepala Daerah Kota/Kabupaten se-Papua Barat Daya, Pejabat sipil dan militer, tim percepatan pemekaran Papua Barat Daya, dan OPD lingkungan Pemprov Papua Barat Daya, anggota DPR, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh perempuan.

Pantauan media ini, meski diguyur hujan, upacara tetap berjalan Khidmat hingga selesai

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan bahwa keberadaan provinsi ini tentunya melalui suatu perjuangan yang panjang, di mana melibatkan berbagai elemen masyarakat dan banyak tokoh-tokoh yang memperjuangkan segalanya untuk kelahiran provinsi ini.

“Melalui momentum peringatan satu tahun Provinsi Papua Barat Daya, saya mengajak kita semua untuk merenung sejenak melakukan refleksi dan mengingat kembali perjalanan sejarah pembentukan Papua Barat Daya, karena banyak yang terlibat bahkan banyak diantara pejuang-pejuang itu yang telah mengorbankan segalanya untuk kepentingan kelahiran Provinsi Papua Barat Daya,”ujarnya.

Musa’ad juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan juga pada wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta para menteri secara khusus Menteri Dalam Negeri yang telah bekerja keras dan telah memberikan komitmen untuk melahirkan provinsi ini.

“Termasuk juga melantik saya sebagai Pj. Gubernur provinsi Papua Barat Daya yang pertama pada 9 Desmeber 2022, dan hari ini tepat satu tahun yang lalu. Hari Jumat 8 Desember 2023 saya diberikan keputusan Presiden untuk melanjutkan kepemimpinna di Provinsi Papua Barat Daya. Semua tentunya atas doa dan dukungan dari bapak Ibu sekalian dan kepercayaan dari negara dan pemerintah khususnya,”tuturnya.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada seluruh pihak baik yang ada di pemerintahan maupun juga yang ada di luar pemerintahan, untuk bersatu saatukan tekad seperti yang ada di dalam slogan Papua Barat Daya yakni ‘Kitorang Kuat Karena Kitorang Satu’.

“Di usia 1 tahun Provinsi Papua Barat Daya kita sudah melakukan banyak hal, antara lain sejak 1 tahun yang lalu kita sudah mengisi pembangunan dan memulai pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya dan menyelesaikan sejumlah regulasi untuk mengatur perjalanan pemerintahan,”pungkasnya.