Persalinan Hingga Pengobatan, Gratis Berkat Program JKN

Nofela, satu peserta JKN yang berdomisili di Kampung Samate.

TEROPONGNEWS.COM,RAJA AMPAT – Kisah haru dari Nofela, salah satu peserta JKN yang berdomisili di Kampung Samate, Kabupaten Raja Ampat saat memanfaatkan Program JKN untuk persalinannya di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Raja Ampat beberapa waktu yang lalu.

Ia menceritakan keberadaan Program JKN sangat memberikan keringanan dalam berobat tanpa perlu memikirkan biaya sepeserpun.

“Adanya Program JKN ini sangat baik untuk kita masyarakat, saya selama disini aman-aman saja, berobat tidak pernah bayar, sampai semua obat-obat,” ceritanya terharu saat ditemui di RSUD Kabupaten Raja Ampat, Senin (27/11/2023).

Meneruskan ceritanya, ia juga merasa puas dengan pelayanan fasilitas kesehatan dari pihak Puskesmas tempat ia sebelumnya dirujuk yaitu Puskesmas Samate, sampai pada RSUD Kabupaten Raja Ampat tempat ia mendapatkan pelayanan bersalin sampai selesai.

“Semua pelayanannya disini baik, tidak dipersulit. Saya puas,” lanjutnya tersenyum.
Ia bersyukur karena telah terdaftar sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat, sehingga kepastian berobat sudah ada dan terjamin.

“Saya bersyukur, karena kartu JKN ini, kita dipermudah, hal ini sangat baik. Selama saya mendapatkan pelayanan disini tidak ada mengeluarkan biaya sepeserpun mulai dari pengobatan sampai ke obat-obat, kami jadi tenang,” tambahnya sambal mengusap air mata harunya.

Menutup perbincangan, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak mulai dari BPJS Kesehatan, Pemerintah Daerah, sampai Fasilitas Kesehatan yang telah menyukseskan Program JKN sehingga manfaatnya bisa ia dan masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan manfaatnya dengan baik.

Ia berharap semakin banyak masyarakat yang membutuhkan merasakan hal yang sama seperti dirinya dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara.

Sebagai informasi, berkat komitmen dari Pemerintah Daerah, sejak 2018 Kabupaten Raja Ampat telah mencakup jaminan kesehatan untuk masyarakatnya, sehingga telah tercatat sudah lebih dari 95% masyarakat Kabupaten Raja Ampat telah terdaftar sebagai peserta JKN dan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang terjamin biayanya.

<