Komunitas Otomotif Merauke Deklarasikan Diri Sebagai Agen Pemilu Damai

Deklarasi Agen Pemilu Damai dari Paguyuban Otomotif Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komunitas Otomotif Merauke melakukan Deklarasi Agen Pemilu Damai di Pantai Lampu Satu Merauke, Minggu (26/11/2023) sore.

Pihaknya menyatakan menolak kampanye hitam, konflik, sara dan tidak akan memberikan toleransi kepada siapapun yang berusaha mengacaukan Pemilu. Selanjutnya menyatakan perang pada hoax dan akan menyatakan fakta nyata kepada masyarakat luas. Senantiasa siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk terciptanya Pemilu yang aman dan damai.

Selanjutnya, siap menjadi penengah dan penyejuk suasana apa bila terjadi konflik pemilu di lingkungan Komunitas Motor. Menginginkan kedamaian dan keamanan karena menjunjung tinggi semboyan Merauke sebagai istana damai dan istana cinta kasih.

“Di tahun politik ini kita harus tetap menjaga kedamaian dan kerukunan. Pilihan boleh berbeda tapi kita selalu berpartisipasi dalam menciptakan kegiatan yang tujuannya mempersatukan umat dalam bingkai NKRI,” pungkas Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan yang juga hadir dalam deklarasi tersebut.

Wabup mengatakan, kegiatan serupa sangat diharapkan pemerintah untuk menjamin kedamaian di suatu wilayah. Hadir pula Waka Polres Merauke Kompol Viky Pandu, menyampaikan terimakasih atas inisiasi deklarasi agen Pemilu Damai ini.

“Selalu Waka Polres saya mengimbau kepada kita semua, mari sama-sama kita mensukseskan pelaksanaan Pemilu dengan menunjukkan situasi Kamtibmas yang aman dan damai,” ajak Vicky.

Sementara itu, apresiasi yang sama juga disampaikan Anggota Komisioner KPU Merauke, Michael Sarawan. Menurutnya, Paguyuban Otomotif adalah paguyuban yang pertama melakukan deklarasi pemilu damai. Pelaksanaan deklarasi ini akan dilanjutkan ke tingkat pimpinan provinsi hingga KPU RI bahwa di Kabupaten Merauke pelaksanaan Pemilu Damai digaungkan agen Pemilu Damai.

“Dengan deklarasi ini, saya pastikan bahwa tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari kasih sayang, di situlah menjadi hari kasi suara untuk Pemilu,” ucap Michael.

Dia menambahkan, dtahun 2024, ada dua pelaksanaan Pemilu, untuk 14 Februari akan dilakukan Pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten. Sedangkan di 27 November 2024, akan dilakukan pemilihan kepala daerah yaitu Gubernur, wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati.

Kabupaten Merauke mempunyai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 162.492. Di atas 50 persen adalah pemilih pemula atau pemilih milenial. Ketika pemuda Otomotif mendeklarasikan diri menjadi agen, maka dipastikan tidak ada yang golput atau golongan putih alias tidak memilih atau mencoblos.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Merauke yang sudah memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu serentak 2024 senilai 85 miliar.

“Kami atas nama KPU mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mensupport anggaran Pilkada kepada KPU sebesar 85 miliar,” tutur Sarawan.