BeritaDaerah

Waspada Virus Baru, Warga Diingatkan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

×

Waspada Virus Baru, Warga Diingatkan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

Sebarkan artikel ini
Kadinkes Merauke, dr. Nevile Muskita. Foto-Getty/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Meski Covid-19 sudah berlalu, warga diingatkan tidak lengah, terus waspada terhadap wabah atau virus baru dengan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya virus Niapah.

1739
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurut penelitian, asal virus nipah mulanya dari hewan kelelawar buah dan babi, hal ini dapat diketahui melalui kejadian wabah nipah di Malaysia. Kelelawar berperan sebagai induk semang reservoir atau hewan pembawa virus nipah, tetapi untuk penularannya ke hewan lainnya diperlukan induk semang perantara, yaitu babi.

“Sementara belum ada laporan terkait virus tersebut, namun kita perlu meningkatkan kewaspadaan dini dengan menjaga kebersihan menjaga kesehatan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, dipastikan sudah aman,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile, Senin (9/10/2023) usai upacara bulanan Korpri di Merauke.

Gejala Infeksi Virus Nipah seperti demam,
sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, sesak napas, muntah, kesulitan menelan. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan gejala Covid-19.

Apa lagi dengan cuaca seperti sekarang ini maka dianjurkan memakai masker karena selain virus ada debu yang bisa menyebabkan penyakit ispa atau gangguan saluran pernafasan atas.