BeritaDaerah

Sulaeman Hamzah Hadirkan Bimtek Diversifikasi Produk Hasil Ikan di Merauke

×

Sulaeman Hamzah Hadirkan Bimtek Diversifikasi Produk Hasil Ikan di Merauke

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Anggota DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah, Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah, bersama anggota DPRD serta para tamu undangan dan peserta. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS COM, MERAUKE – Pelatihan Diversifikasi produk hasil perikanan di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan kembali digelar Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah, Sabtu (28/10/2023).

Pelatihan ini bagian dari kerjasamanya dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan Perikanan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon, berlangsung di Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah itu diikuti puluhan kaum perempuan yang berasal dari perwakilan sebelas kelurahan di Distrik Merauke serta penyuluh Perikanan.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat nelayan dalam membuat diversifikasi pengolahan produk hasil perikanan, sehingga dapat memberikan kontribusi sebagai usaha dalam meningkatkan nilai tambah hasil perikanan,” ujar Instruktur Muda Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon UPT dari Kementrian Kelautan Perikanan RI Fiona A. B Nikjuluw.

Dikatakan potensi wilayah Kelautan di Indonesia sangat besar, belum optimal pemanfaatannya maka diperlukan langkah strategis, karena itu pihaknya berkolaborasi bersama anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah untuk menggelar pelatihan tersebut.

“Dari pelatihan ini, peserta diajar untuk bagaimana mengetahui cara membuat produk Kaki Naga Ikan, Keripik Ikan dan Sosis Ikan untuk meningkatkan nilai tambah hasil perikanan,” ujarnya lagi.

Pelaksanaan Bimtek seperti ini sesungguhnya sudah mencapai ratusan kali dilakukan oleh Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman di wilayah Papua. Demikian penegasan dari Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah yang juga menjabat sebagai Anggota DPR Provinsi Papua Fauzun Nihayah pada kesempatan itu.

Ia menambahkan, membangun Daerah Otonom Baru (DOB) sangat dibutuhkan sinergitas, kerjasama semua pihak terutama antara legislator, pemkab, Pemrov dan mitra kementerian pusat. “Sehingga Bimtek ini digelar berkat dukungan dan kolaborasi Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama Anggota DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah,” tukas Fauzun Nihayah.

Daerah Otonom Baru Provinsi Papua Selatan harus diisi dengan berbagai produk olahan lokal yang menjadi usaha bagi warga setempat, sehingga dapat diperkenalkan dan dipromosikan di berbagai Outlet khusus yang akan menjual hasil pengolahan ikan yang dibuat langsung oleh nelayan Merauke.
Inilah yang menjadi harapan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Nasdem Dapil Papua H. Sulaeman L. Hamzah. Ia mengajak warga nelayan dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga asas manfaatnya pun dapat diterima sesuai dengan materi yang telah diajarkan dalam membuat produk olahan berbahan dasar ikan.

“Kerjasama ini terus terjalin di seluruh Dirjen kementrian Kelautan dan Perikanan, Pertanian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Total program yang diberikan sudah sangat banyak dalam rangka untuk melatih masyarakat Merauke agar dapat mandiri dalam peningkatan ekonomi keluarga,” pungkas H. Sulaeman saat membuka kegiatan Bimtek tersebut.

Hadir pula Anggota DPR Kabupaten Merauke Johan Paulus, Sugianto, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Merauke Jefri Cahyadi serta perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Selatan. Pihaknya mengapresiasi seluruh kerja H. Sulaeman dan Fauzun Nihayah yang sudah berkolaborasi dengan Anggota DPRD Kabupaten Merauke dan dinas terkait mendorong kemajuan masyarakat petani, nelayan dan sektor lainnya di Papua dan Papua Selatan.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *