Berita

Relawan Pepeling Dispora Sukses Tangani 1,5 Ton Sampah TPS Gudang Selatan

×

Relawan Pepeling Dispora Sukses Tangani 1,5 Ton Sampah TPS Gudang Selatan

Sebarkan artikel ini
Aksi Relawan Pepeling, saat membantu menyelesaikan permasalahan sampah di TPS Gudang Selatan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Berbagai upaya dan kolaborasi positif hadir, selama masa darurat penanganan sampah di Kota Bandung. Salah satunya, muncul Relawan Pemuda Pecinta Lingkungan (Pepeling) yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung.

Kepala Dispora Kota Bandung, Edy Marwoto menyebut, keterlibatan pemuda dalam upaya penanganan darurat sampah ini, bahkan sampai masuk ke dalam indikator penilaian pada penganugerahan Kecamatan Layak Pemuda, beberapa waktu silam.

“Kota Bandung sudah mendapat predikat sebagai kota layak pemuda. Kita perlu lihat, apakah para pemuda ini benar-benar turut andil membantu pemerintah dalam penanganan masalah. Makanya pada Anugerah Kecamatan Layak Pemuda, indikator penilaian tertinggi adalah bagaimana kemampuan para pemuda ini menyelesaikan masalah sampah yang sedang menjadi isu utama di Kota Bandung,” ujar Edy kepada wartawan, di Bandung, Selasa (31/10/2023).

Selain itu, Edy menginformasikan pada Oktober ini, Dispora Kota Bandung telah menggelar Gebyar Pepeling. Gerakan ini mengumpulkan setidaknya 1.000 pemuda Kota Bandung, untuk menangani tumpukan sampah di TPS Gudang Selatan.

Pada gelaran tersebut, sebanyak 1,5 ton sampah di TPS yang dikabarkan sudah meluber ke badan jalan tersebut bisa ditangani.

5448
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Sebanyak 1,5 ton kami pilah dari TPS, di mana sampah-sampah tersebut sudah terlanjur tercampur,” terang Edy.

Ke depannya. Edy mengaku, Dispora Kota Bandung menargetkan sebanyak 3.000 pemuda untuk bergabung ke dalam Relawan Pepeling.

Ia berharap, para pemuda dapat hadir sebagai garda terdepan dalam penanganan masalah di Kota Bandung.

“Sudah waktunya pemuda ambil peran sebagai agen perubahan di Kota Bandung,” kata Edy.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna berharap, relawan pemuda ini dapat hadir secara konsisten sebagai mitra Pemkot Bandung dalam menangani berbagai isu terkini.

Ia juga berharap, aksi-aksi positif para relawan ini terus berkesinambungan. Dan tentunya menggerakan para pemuda lainnya untuk bergabung.

“Ini harus berkesinambungan. Saya yakin kalau kampanye ini terberitakan, ini akan jadi gerakan yang luar biasa,” pesannya.

Ema mengapresiasi aksi positif Relawan Pepeling, saat membantu menyelesaikan permasalahan sampah di TPS Gudang Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia berharap, setelah cerita sukses kemarin, harus ada kegiatan serupa di kemudian hari.

“Jadi setiap hari akan ada berita dari 30 kecamatan. Saya titip gerakan ini jangan sampai hilang,” pinta Ema.