BeritaDaerahOlahraga

Kabupaten Mappi Siap Mengikuti Porprov Papua Selatan

×

Kabupaten Mappi Siap Mengikuti Porprov Papua Selatan

Sebarkan artikel ini
Foto bersama pemain bulu tangkis, Foto Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAPPI – Ketua KONI Kabupaten Mappi, Jaya Ibnu Su’ud menyampaikan bahwa KONI dan Pengurus Kabupaten (Pengkap) setempat telah siap mengikutkan atlet Cabang Olahraga (Cabor) pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan tahun 2023.

Pernyataan ini disampaikan saat kunjungan Wakil Ketua Harian III KONI Provinsi Papua Selatan Jefry Papare, bersama rombongan, Jumat (6/10/2023) setibanya di Hotel Grand Avista dilanjutkan pertemuan dengan seluruh Pengkab Mappi di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mappi.

Tujuan kunjungan Waket Harian III adalah untuk melihat kesiapan Cabor dan atlet Mappi untuk bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi Papua Selatan yang akan dibuka pada 20 Oktober mendatang terpusat di Merauke.

“Terutama memastikan cabang olahraga dari Mappi apa saja yang diikutkan dalam Porprov,” terang Jefry dalam arahannya.

Disebutkan, Mappi menyiapkan 13 Cabang Olahraga di antaranya basket, bulu tangkis, pencak silat, taekwondo. Khusu taekwondo meskipun belum memiliki pengurus tapi KONI Kabupaten boleh rekomendasi untuk ikut Porprov. Kemudian ada futsal, forki, biliar, tenis meja, bola voli, catur, dan bola kaki . Namun, pihaknya menunggu kepastian alokasi anggaran dari Pemkab Mappi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk kontingen yang akan ke provinsi.

5109
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Nanti berdasarkan anggaran yang tersedia, kita akan menyesuaikan. Kita berharap dari 13 Cabang Olahraga (Cabor) ini bisa mengikuti ajang provinsi,” terang Ketua KONI Mappi.

Jumlah peserta atlet sekitar 100 orang dengan perangkat official sehingga KONI Mappi membutuhkan sekitar Rp 2,5 Miliar. Tentu, akan menyesuaikan dengan alokasi yang diberikan sehingga berpengaruh pada berapa banyak Cabor dan atlet yang akan diikutkan. Di samping itu masih akan melihat keputusan dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) untuk menentukan bagian yang menjadi tanggungjawab provinsi dan tanggungjawab daerah.

Terkait belum ada kepastian kesiapan anggaran, Ketua KONI Kabupaten Mappi menyarankan supaya pelaksanaan kegiatan Porprov pertama Papua Selatan diundur ke awal bulan November 2023. Permintaan ini disampaikannya guna memberi ruang untuk daerah lebih mempersiapkan segala sesuatu. Sebab yang dilakukan daerah bukan hanya kesiapan atlet, sarana prasarana pendukungnya juga harus siap sehingga membutuhkan waktu yang cukup.

“Karena daerah seperti kami di Mappi, dalam rangka efisiensi anggaran untuk sarana transportasi kita harusnya siapkan jauh-jauh hari. Apakah lewat penerbangan yang ada, atau kalau tidak cukup berarti harus alternatif lewat kapal. Ini yang kita harapkan pada Rakerprov nanti kita bisa sepakati bersama supaya semua berjalan maksimal,” pungkas Ibnu.

Kembali dikatakannya, bahwa Kabupaten Mappi sangat mendukung event provinsi baru ini yang akan digelar pertama kali setelah menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Menurutnya, melalui Porprov nanti, bisa mengevaluasi setiap proses latihan dan kesiapan atlet di daerah. Hasil Porprov menjadi salah satu indikator untuk memilih atlet-atlet berprestasi guna mengikuti ajang yang lebih tinggi baik Kejurnas maupun PON. Sehingga Mappi akan memetakan potensi olahraga prioritas tanpa mengabaikan Cabor lainnya.

Plt Kadispora Mappi, Philipus Bumagi yang juga hadir dalam pertempuran tersebut membenarkan bahwa Mappi belum memiliki anggaran untuk mengikuti Porprov. Namun, pihaknya tetap mengupayakan agar Mappi berpartisipasi dalam event provinsi.

Dalam pertempuran tersebut, antusias setiap Pemkab sangat tinggi untuk mengikuti Porprov. Karena itu, berkaitan dengan anggaran, Ketua KONI Mappi menyampaikan permintaan melalui Waket III supaya meneruskan informasi ke Pj. Gubernur PPS untuk menginstruksikan kepada para bupati dan Pj. Bupati supaya menyiapkan anggaran agar Porprov bisa terlaksana, mengingat jika salah satu kabupaten tidak hadir maka event tidak bisa dilaksanakan.

Kesempatan yang sama, beberapa pengurus kabupaten bersemangat melakukan tanya jawab untuk memastikan syarat-syarat mengikuti Porprov. Dan Waket III menekankan agar para pengurus harus menguasai Cabor yang akan dipertandingkan.

Jefry menambahkan, tahun depan diupayakan KONI menyiapkan dana pembinaan ke KONI daerah. Karena itu kabupaten harus ada skala Cabor prioritas. Cabor prioritas akan mendapatkan dana pembinaan lebih besar tanpa mengesampingkan Cabor yang lain. “Jadi prestasi kita akan menentukan pantasnya kita mendapatkan dana pembinaan yang besar.”

Lanjut kata Jefry, dari hasil kunjungannya di empat daerah yakni Boven Digoel, Asmat, Merauke dan Mappi, semuanya menyatakan siap mengikuti dan mensukseskan Proprov PPS perdana 2023.

Usai pertemuan, dilanjutkan dengan peninjauan di Mappi Sport Center dan tempat latihan Cabor seperti voli, bola kaki, biliar, pencak silat, badminton, tenis meja dan lainnya. Dari semua yang didatangi rata-rata atletnya sedang semangat melakukan aktivasi latihan dan ini menunjukkan bahwa Kabupaten Mappi siap berlaga di Proprov dengan yeal yeal yang disoraki yakni ‘Mappi… maju, maju, maju.’