Dukung Pelestarian Adat Dayak, Kayung Agro Lestari Dapat Penghargaan dari Dewan Adat Dayak

Perwakilan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, secara simbolis memberikan penghargaan kepada General Manager PT Kayung Agro Lestari (KAL) Dadi saat Upacara Gawai Dayak di rumah adat Dayak Dusun Kepayang, Sabtu (12/8/2023).

TEROPONGNEWS.COM, KETAPANG – PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, memperoleh piagam penghargaan dari Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang atas komitmen perusahaan dalam pelestarian budaya adat di Desa Laman Satong.

Keterangan tertulis PT ANJ pada Kamis (24/8/2023) menyebutkan Dewan Adat Dayak secara simbolis memberikan rompi dan topi adat kepada General Manager KAL bersamaan Upacara Gawai Dayak, salah satu ritual Suku Dayak yang rutin dilakukan setiap tahun untuk menyambut musim berladang yang digelar pada Sabtu (12/8/2023) di rumah adat Dayak Dusun Kepayang.

Gawai Dayak merupakan sebuah perayaan budaya dan menjadi salah satu acara yang paling dinantikan oleh masyarakat setempat dalam menyambut musim berladang. Perayaan ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan hasil panen yang melimpah, tetapi juga untuk mempertahankan dan meneruskan warisan budaya leluhur.

Upacara diawali dengan penyambutan kedatangan dari Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang. Turut hadir pada kegiatan itu Sekjen, Ketua Harian dan Sekretaris DAD Kabupaten Ketapang, anggota DPRD Kabupaten Ketapang, Polsek dan Koramil Ketapang, dan Kepala Desa Laman Satong, serta rombongan pejabat pemerintahan lainnya dari organisasi Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Kabupaten Ketapang.

Ketua DAD Kecamatan Matan Hilir Utara, Jamhari, menyampaikan bahwa Upacara Gawai Dayak adalah salah satu perayaan adat yang paling penting bagi masyarakat Dayak yang mencerminkan kekayaan budaya. 

General Manager PT Kayung Agro Lestari (KAL) Dadi dan Direktur PT Kayung Agro Lestari (KAL) Jerileva Purba saat menghadiri Upacara Gawai Dayak yang diadakan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Sabtu (12/8/2023).

Pada kesempatan yang sama, Jamhari juga mengucapkan terima kasih kepada KAL yang telah turut berperan aktif dalam upacara. Kehadiran KAL dalam upacara dinilai sebagai wujud perhatian terhadap pelestarian budaya daerah.

General Manager KAL, Dadi, yang hadir mewakili KAL pada Upacara Gawai Adat, menyatakan bahwa KAL untuk terus berkontribusi dalam berbagai program dan acara yang menghormati dan melestarikan budaya adat Dayak, sambil mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan di sektor perkebunan.

“Kami merasa sangat terhormat atas penghargaan ini dan berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian budaya adat serta kegiatan-kegiatan Gawai Dayak. Kami percaya bahwa menjaga keberlanjutan budaya adat adalah tanggung jawab bersama, dan kami siap melanjutkan kerja sama erat dengan masyarakat setempat untuk mencapai tujuan ini,” ujar Dadi.

About The Author

%d blogger menyukai ini: