Politik

KPK Gelar Kampanye “Hajar Serangan Fajar” Tekan Praktik Politik Uang di Pemilu 2024

×

KPK Gelar Kampanye “Hajar Serangan Fajar” Tekan Praktik Politik Uang di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua KPK Firli Bahuri (Batik Oranye) menggelar Konfrensi Pers "Hajar Serangan Fajar" di Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023)(Foto: Mohammad Ivan/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kampanye antipolitik uang pada Pemilu 2024 dalam acara “Hajar Serangan Fajar” di Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023).

Berdasarkan pantauan TeropongNews, KPK mengundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna memberi pedoman terhadap penyelenggara Pemilu.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan acara “Hajar Serangan Fajar” penting dilaksanakan sebagai acuan untuk khalayak lantaran praktik politik uang masih kerap terjadi pada hari pelaksanaan Pemilu di tiap daerah.

“Program Hajar Serangan Fajar ini menjadi penting bagi kita karena kita sadar, sangat memahami fakta-fakta yang terjadi bahwa politik uang untuk beberapa waktu yang lalu masih saja terjadi,”

Firli memastikan KPK akan fokus untuk menekan segala bentuk tindak korupsi pada Pemilu 2024 mulai dari penyelenggara negara hingga ke petugas partai sekali pun.

“KPK juga mengedepankan orkestrasi pemberantasan korupsi yang melibatkan kekuasaan legislatif, yudikatif, eksekutif, penyelengggara pemilu maupuun partai politik,” tegasnya.

Firli berharap kampanye antipolitik uang tersebut bisa memberi manfaat kepada pemilih, penyelenggara pemilu maupun anggota legislatif agar melahirkan Pemilu yang bersih dan sehat di masa mendatang.

“Karena kita sadar bahwa negara kita sangat ditentukan pada mekanisme pemilihan umum yang tiap 5 tahun sekali kita laksanakan,” pungkasnya.