Berita

Disperindag Ambon Kunjungi Sentra Produksi Telur dan Beras di Jatim

×

Disperindag Ambon Kunjungi Sentra Produksi Telur dan Beras di Jatim

Sebarkan artikel ini
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, saat melakukan Kunjungan Lapangan (Kunker), ke sentra produksi di Kabupaten Blitar dan Kediri, Provinsi Jawa Timur. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon melakukan Kunjungan Lapangan (Kunker), ke sentra produksi di Kabupaten Blitar dan Kediri, Provinsi Jawa Timur (Jatim), pada 6-7 Juli 2023 lalu.

Kunjungan yang mengikutsertakan 2 (dua) distributor di Kota ini, yakni CV. Gema Rejeki dan PT. Mitra Aneka Niaga, menyasar Kabupaten Blitar yang merupakan sentra produksi telur ayam, dan Kabupaten Kediri sebagai sentra produksi beras.

Kepala Disperindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengaku, kunjungan tersebut merupakan inisiasi Bank Indonesia bersama Disperindag Provinsi Maluku.

“Tujuannya untuk melakukan penjajakan Kerjasama Antar Daerah (KAD) komoditas pangan secara B to B, atau Bussines to Bussines,” ungkap dia kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Senin (10/7/2023).

Melalui KAD tersebut, diharapkan akan membantu pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam upaya menjaga ketahanan dan ketersediaan stok kebutuhan pokok di Kota Ambon, sekaligus pengendalian laju inflasi.

“Hasil dari kunjungan, sudah ada kontak langsung antara distributor dengan sentra produksi telur di Blitar, sedangkan untuk beras sudah diambil sampel dari Sentra produksi di Kabupaten Kediri, sebab harus disesuaikan dengan animo masyarakat di Ambon,” terangnya.

Slarmanat menandaskan, pihaknya akan terus mengawal dan mendampingi distributor, untuk segera melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sentra-sentra produksi di Blitar dan Kediri.

“Dalam hal ini Pemerintah menjadi fasilitator untuk mendorong KAD komoditas pangan, memperkuat sinergitas antar daerah, dalam upaya pengendalian tingkat inflasi,” tutup dia.