Pendidikan

Wujudkan Program Sekolah Wisata, SMP Alam Inspirasi Tanam Ratusan Bibit Pohon

×

Wujudkan Program Sekolah Wisata, SMP Alam Inspirasi Tanam Ratusan Bibit Pohon

Sebarkan artikel ini
penyerahan bibit pohon secara simbolis sebelum ditanam di area sekolah dan lahan perbukitan..(Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – SMP Alam Inspirasi yang berlokasi di jalan Sorong-Makbon, kilometer 12 masuk, kota Sorong, Papua Barat Daya melakukan penanaman ratusan bibit pohon di halaman sekolah dan di lahan perbukitan, (10/6/2023).

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam adalah pohon pinang, pohon rambutan, dan Matoa. Bibit pohon buat tersebut merupakan hasil pembibitan dari masyarakat binaan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat.

4412
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Jumlah bibit pohon yang ditanam terdiri dari 100 bibit pohon Pinang, 100 untuk Matoa, dan 100 untuk rambutan, “ujar Staff BBKSDA Papua Barat, Jessy Siburian.

Jessy berharap, ke depan lebih banyak lagi generasi muda terutama anak-anak sekolah yang tergerak untuk melakukan penghijauan guna melestarikan alam.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Alam Inspirasi Sorong Yusuf Muri Salampessy, S. Pd. M.Pd menjelaskan bahwa sekolah yang juga belum lama berdiri itu mempunyai program wisata. Hal itu lah yang melatarbelakangi kegiatan penanaman pohon di lingkungan yang sekitar.

“Dalam program sekolah kami, ini sebagai aksi inspirasi di mana ada penanaman buah dan bunga yang ditanam di sekitaran sekolah atau Pondok asrama. Untuk yang di atas bukit, kami gunakan untuk penanaman buah. Jadi rencana kami di sini adalah untuk menjadikan sekolah ini sebagai sekolah alam pertama di kota Sorong, “jelasnya.

Selain kegiatan belajar mengajar secara formal, sambung Yusuf, Sekolah yang berbasis pondok pesantren itu memiliki tenaga pengajar yang juga pecinta alam.

“Apalagi di sini ada lahan perbukitan yang mungkin ke depan bisa menjadi potensi wisata. Tinggal bagaimana kita desain sebagus dan semenarik mungkin agar bisa dikunjungi masyarakat Kota Sorong. Kemudian juga bisa menjadi tempat perputaran ekonomi di sini,’pungkasnya.