BeritaParlemen

Sulaeman Hamzah Serahkan Enam Unit Motor Sampah

×

Sulaeman Hamzah Serahkan Enam Unit Motor Sampah

Sebarkan artikel ini
Penyerahan motor sampah dari Anggota DPR RI H. Sulaeman L Hamzah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI, Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sulaeman L Hamzah menyerahkan enam motor sampah untuk enam sasaran penerima di Kota Merauke, Papua Selatan.

Motor sampah roda tiga tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Penanganan Sampah TA 2023 atas inisiatif dari H. Sulaeman untuk disebarkan kepada masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. Sasaran penerima bantuan di antaranya Kelurahan Karang Indah, Bambu Pemali, Kelurahan Seringgu Jaya, SMK Negeri 2 Pariwisata Merauke dan MI Yamra.

“Seluruh kelurahan yang ada, kita akan berikan masing-masing satu unit sepeda motor yang dimanfaatkan untuk mengangkut sampah lingkungan. Hari ini ada enam unit yang diserahkan dan akan menyusul 10 yang akan dikirim ke sini,” ujar Legislator asal NTT itu di Rumah Aspirasi H. Sulaeman L Hamzah, Jumat (23/6/2023).

Ke depan, dirinya punya rencana akan mengerahkan para lurah dan masyarakat untuk kerja bakti bersama membersihan sampah di Kota Merauke, supaya tampilan kota lebih rapi dan bersih. Sebab, Merauke sebagai Ibukota PPS tentu menjadi muara didatangi banyak tamu dari luar. Karena itu, Merauke dalam hal kebersihan dan keindahan diharapkan terus ke arah yang lebih baik salah satunya mengajak masyarakat membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya.

Sebelumnya, sudah banyak yang dilakukan legislator Partai NasDem ini dengan menjaring aspirasi masyarakat lalu memperjuangkan ke pemerintah pusat dan kembali membawa hasilnya ke daerah. Namun, dalam setiap proses dalam rangka mendorong kemajuan masyarakat di daerah tentu perlu sinergikan dengan pemerintah setempat.

“Tanggungjawab saya sebagai wakil rakyat untuk semua masyarakat. Dengan bantuan yang ada bisa bermanfaat untuk merawat lingkungan. Kalau di kota besar bukan hal baru, minum air Aqua botolnya langsung ditempatkan di tempat tertentu kemudian diambil petugas dan diolah kembali menjadi produk barang jadi. Karena itu tahun ini juga ada bantuan bak sampah yang mengumpulkan sampah plastik juga akan ditempatkan di kota dan bak sampah menjadi tempat pembuangan akhir untuk sampah plastik,” ucapnya.

Tahun ini juga dirinya memberi bantuan kepada petani dan nelayan yakni pom bensin khusus nelayan juga pelatihan dan sarana lainnya untuk masyarakat di sekitar. Begitu juga sektor perikanan ada bantuan benih ikan, sektor pertanian bantuan alat pertanian, dan sepeda motor roda tiga yang digunakan untuk angkut hasil pertanian dan juga mengangkut anak sekolah.

“Saya akan minta sebanyak mungkin dari kementan untuk digunakan masyarakat terutama untuk angkut anak sekolah. Bantuan roda tiga ini ada dua kementrian yaitu Kementerian Lingkungan Hidup untuk sampah dan Kementerian Pertanian untuk angkut hasil pertanian. Tetapi roda tiga ini ternyata bisa serba guna, bisa dimanfaatkan antar jemput anak sekolah. Saya pikir ini perlu kita dorong supaya daerah kita tidak merasa minder anak tidak sekolah,” sambung Sulaeman.

Pada Pemilu legislatif 2024 nanti, H. Sulaeman Hamzah siap maju untuk DPR RI dari Dapil Papua Selatan yakni empat kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel. Komitmennya terus melakukan pelayanan dan mengabdi untuk masyarakat Papua Selatan. Dari 51 Calon Anggota Legislatif DPR RI Dapil Papua Selatan akan memperebutkan 3 kursi.

Tinggal dari masyarakat yang menentukan pilihan siapa wakil rakyat yang pantas untuk dipilih yang serius memperjuangkan aspirasi ke tingkat pusat. Sehingga diharapkan setiap pilihan betul-betul kepada yang siap melayani dan berjuang untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Fauzun Nihayah, selaku Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi sekaligus Anggota DPRD Papua menyampaikan bantuan motor sampah diberikan sesuai kebutuhan masyarakat melalui program aspirasi. Dikatakan, melalui H Sulaeman telah banyak bantuan APBN yang diturunkan dari pusat melalui jalur aspirasi. Dan sebagai Direktur Rumah Aspirasi ia mengatakan Rumah Aspirasi sebagai wadah untuk menampung segala keluhan masyarakat dan banyak yang telah diwujudkan oleh legislator Partai NasDem.

Fauzun Nihayah sendiri juga akan maju untuk DPRD PPS pada Pemilu mendatang mewakili Daerah Pilihan 1 yakni Merauke, Semangga, dan Tanah Miring.

Anggota DPR Kabupaten Merauke, Johan Paulo kesempatan tersebut mengajak para penerima bantuan motor roda tiga memanfaatkan untuk kepentingan bersama dan merawatnya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *