Megawati Soekarnoputri Resmikan Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati

Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung Laksamana Malahayati yang diresmikan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Kade Inggom Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023). (Foto : Tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmikan Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung Laksamana Malahayati di Kade Inggom Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Sebelum meresmikan kapal tersebut, Megawati secara simbolisasi melakukan prosesi pemecahan kendi. Hal itu menandakan bahwa Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati siap berlayar mengarungi sejumlah pulau di Indonesia.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati saya luncurkan,” ucap Megawati dalam peresmiannya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Kemudian, usai melakukan prosesi peresmian secara simbolisasi, tampak Megawati hendak memasuki kapal RS tersebut guna memeriksa kelengkapan dan memastikan fasilitas di dalam dapat berfungsi dengan baik.

Terdapat juga kapal kecil di samping kapal utama yang diperuntukkan pengoperasiannya di wilayah terpencil.

Perlu diketahui, Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati mempunyai fasilitas meliputi ruang operasi, perawatan, pengobatan, ruang lainnya.

Untuk itu, anak dari Sang Proklamator RI ini berharap kapal tersebut dapat dimaksimalkan dalam melalukan pengobatan di wilayah pulau terpencil Indonesia.

Sebagai informasi, turut hadir dalam peresmian kapal tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Hadir juga Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Kabaharkam Polri Komjen M Fadil Imran dan beberapa pejabat lainnya.