Berita

Raker Perdana KONI PPS Bahas Penyusunan Program

×

Raker Perdana KONI PPS Bahas Penyusunan Program

Sebarkan artikel ini
Raker Perdana KONI PPS. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Untuk pertama kalinya, setelah dilantik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Selatan mengadakan Rapat Kerja (Raker) Penyusunan Program dari masing-masing bidang.

Raker penyusunan program ini berlangsung dua hari di Swiss-belhotel Merauke mulai Rabu (3/5/2023) dipimpin Ketua Harian KONI PPS Soleman Jambormias dan Sekertaris KONI Antonio Ohoitimur. Raker ini dalam rangka kesiapan untuk mendukung Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada Bulan Oktober 2023 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

“Porprov kita laksanakan pada Oktober untuk empat kabupaten mengikuti seluruh cabang olahraga yang kita siapkan, juga menjadi ajang seleksi untuk PON. Karena kita diberikan diskresi untuk mengikuti PON tanpa melalui pra PON,” terang Ketua Harian KONI, Soleman Jambormias.

Kata Soleman, untuk mengikuti ivent besar tersebut butuh persiapan matang sehingga kontingen PPS tidak hanya sekedar jadi pelengkap sebagai peserta PON tetapi mampu menyiapkan atlet berprestasi.

Selain itu, semua pengurus cabang olahraga provinsi (Pengprov) wajib dibentuk dan dilantik pada akhir Mei agar pendanaan dari KONI dapat tersalurkan ke Pengprov untuk menjalankan program yang direncanakan.

“Sehingga ivent yang kita rencanakan sudah bisa dijalankan setiap bulan untuk menarik orang datang ke Papua Selatan. Lewat olahraga akan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” ujar Soleman.

Dengan demikian, perputaran ekonomi semakin meningkat di Papua Selatan lewat pariwisata dan olahraga yang terus dilakukan.

“Hibah dari provinsi kita tunggu program yang disusun. Maka Raker dua hari ini diharapkan melahirkan program-program strategis untuk pengembangan olahraga di Papua Selatan.”